Yuk, Kenali Sedari Dini Penyebab Penyakit Diabetes yang Bisa Picu Amputasi

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

sigijateng.id – Seorang pria asal Malaysia belum lama ini viral di media sosial karena kakinya harus diamputasi akibat sering mengonsumsi minuman manis yakni teh tarik. Selama masa mudanya dia mengaku meminum teh tarik sebanyak tiga kali sehari sehingga memicu penyakit Diabetes.

Seperti diketahui, diabetes berisiko tinggi terhadap banyak masalah kesehatan, salah satunya amputasi kaki. Oleh karena itu sangat penting untuk mengontrol asupan gula yang dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini penjelasan bagaimana penyakit diabetes dapat memicu amputasi, sebagaimana dilansir dari laman resmi WebMD pada Minggu (3/9/2023).

Penyakit diabetes berkaitan dengan dua kondisi lainnya pada kaki, seperti penyakit arteri perifer (PAD) dan neuropati diabetik. PAD dapat mempersempit arteri yang membawa darah ke tungkai dan membuat kamu lebih mungkin terkena bisul dan infeksi.

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

Jika sirkulasi tidak baik, maka hal ini juga dapat membuat penyembuhannya lebih lambat. Sedangkan Neuropati merupakan penyakit kerusakan saraf. Kadar gula tinggi yang disebabkan oleh diabetes dapat merusak saraf dan pembuluh darah di dalam tubuh.

Sama seperti halnya yang dialami oleh seorang pria asal Malaysia tersebut, dia mengkonsumsi teh tarik yang mempunyai kadar gula tinggi secara rutin tiga kali sehari. Hal-hal lainnya yang memicu amputasi kaki pada penderita diabetes.

Diantaranya: riwayat keluarga dengan amputasi kaki terkait diabetes, anggota keluarga yang menderita diabetes, bisul kaki, dan luka yang penyembuhannya lambat.

Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan kaki sebagai prioritas jika Anda adalah seorang penderita diabetes agar terhindar dari amputasi. Periksalah bagian kaki dengan mencari perubahan berupa, lepuh, retak, pemotongan, luka, kemerahan, bintik atau area putih, dan kapalan tebal. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini