PPK Dilantik, KPU Kota Semarang Siap Jalankan Tahapan Pemilu 2024

Suasana pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Semarang untuk Pemilu 2024 di Hotel MG Setos pada Rabu 4 Januari 2023. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melantik 80 orang yang tersebar di 16 kecamatan sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di Hotel MG Setos pada Rabu 4 Januari 2023.

Henry Cassandra Goeltom selaku ketua KPU Kota Semarang mengatakan pada penerimaan PPK, KPU Kota Semarang tetap memperhatikan jumlah keterwakilan perempuan. Terhitung lebih dari 30 persen anggota PPS di Kota Semarang telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan.

Sejumlah tugas telah menanti untuk dilaksanakan. Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menuturkan, dalam waktu dekat, mereka akan melakukan proses seleksi terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

“Tanggal 9-14 Januari nanti ada seleksi tertulis untuk PPS yang akan menghasilkan enam orang, jumlah ini dua kali lipat dari kebutuhan. Kemudian dilakukan seleksi wawancara oleh PPK,” kata Henry.

Tugas berikutnya adalah verifikasi faktual untuk dukungan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

“Nanti juga akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) identitas,” lanjutnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama Sekretaris Daerah Kota Semarang, Izwar Aminudin.

Ita, sapaan akrab Plt Wali Kota menambahkan PPK harus paham tugas, pokok, dan fungsinya. Apalagi tahapan akan terus berjalan hingga pemungutan suara nanti.

“Ada tahapan-tahapan, sudah mulai adanya daftar calon, kampanye, sampai pemilihan. Sehingga harus diantisipasi,” ujar Ita.

Ia berharap, PPK untuk bisa berkoordinasi dengan jajaran kecamatan. Apabila nantinya terjadi masalah, agar bisa diselesaikan bersama. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini