Berkunjung ke Blora, Presiden Jokowi Cek Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar Menden

Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Mendenrejo, Blora, Jawa Tengah, Jumat (10/03/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)

BLORA (sigijateng.id) – Menyambut bulan Ramadan tahun 2023 Masehi/1444 Hijriah, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan ketersediaan dan bahan pokok di tengah masyarakat. Kali ini, Jumat (10/03/2023) pagi, Presiden Jokowi mendatangi Pasar Menden, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kedatangan Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan disambut Bupati Blora Arief Rohman.

Kehadiran Presiden Joko Widodo disambut hangat para pedagang dan warga yang berada di pasar. Selain mengecek kestabilan harga, Jokowi memastikan ketersediaan bahan pokok.

“Itu yang kita ingin cek itu, kondisi stoknya ada tidak. Suplainya ada tidak. Harganya seperti apa,” ujar Presiden saat memberikan keterangan pers usai peninjauan.

Meski berada di daerah pelosok, kata Presiden, harga bahan pokok seperti bawang merah dan minyak goreng di Pasar Mendenrejo cukup baik dibanding sejumlah daerah lainnya.

“Tadi bawang merah harganya hanya Rp30 ribu, yang lain-lain saya lihat kemarin Rp38 [ribu], Rp40 [ribu], di sini hanya Rp30 ribu. Minyak juga saya lihat baik, Rp14 ribu sampai Rp15 ribu. Saya kira, harga-harga masih pada kondisi yang baik di sini, meskipun berada di pelosok,” ujarnya.

Selain mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok, pada kesempatan itu Kepala Negara juga membagikan bantuan sosial bagi para pedagang dan masyarakat di sekitar pasar.

Sementara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, kedatangan Predisen ke Blora adalah untuk mengecek ketersedian barang dan sekaligus harganya.

“Tadi Pak Jokowi mengecek, satu berkaitan dengan harga, dua berkaitan dengan stok (kebutuhan pokok),” ujar Ganjar.

Ganjar memastikan, untuk harga dan persediaan kebutuhan pokok di Jawa Tengah masih dalam kondisi aman. “Kami akan terus menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dan menahan laju inflasi di Jawa Tengah menjelang Ramadan dan Idul Fitri,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah dua periode ini berjanji akan merevitalisasi Pasar Menden. Hal itu untuk meningkatkan aktivitas perekonomian warga.

“Berkaitan dengan kondisi pasar tadi, Pasar Desa Menden ini diminta untuk diperbaiki (oleh Jokowi), maka langsung tadi dicatat,” tegas Ganjar.

Revitalisasi pasar diharapkan dapat mendongkrak penghasilan pedagang dan mendorong ekonomi kerakyatan di Kabupaten Blora, khususnya di Kecamatan Kradenan.

“Mudah-mudahan ini juga akan bisa mendorong ekonomi rakyat yang ada di Kradenan, di Desa Mendoro ini,” ungkap Ganjar.

Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar telah melakukan revitalisasi 79 pasar sejak 2013. Tidak tanggung-tanggung, total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp360 miliar.

Dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah, daerah yang paling banyak direvitalisasi pasarnya yakni Kabupaten Wonosobo sebanyak 11 pasar, Kabupaten Kudus sebanyak 8 pasar dan Kabupaten Blora sebanyak 7 pasar.

Sebagai informasi, sehari sebelumnya pada Kamis (9/3/2023), Jokowi dan Ganjar juga blusukan bareng ke Pasar Petanahan di Kabupaten Kebumen. (asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini