Usai Ikuti PBAK, 374 Mahasiswa Baru FISIP UIN Walisongo Diterima Pimpinan Fakultas

Suasana acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Walisongo Semarang. (Foto FISIP UIN WS)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Sebanyak 374 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang disambut oleh para pimpinan beserta jajarannya saat melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Sabtu (6/8/2022). 

Pelaksanaan PBAK sendiri telah dilaksanakan sejak hari Rabu (3/8/2022). Saat itu, sebanyak 5.316 mahasiswa baru dari seluruh fakultas UIN Walisongo sudah berdatangan kemudian diarahkan ke lapangan utama untuk melaksanakan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag.

Penyerahan bendera UIN Walisongo Semarang oleh Rektor diikuti penyerahan bendera seluruh fakultas serta penabuhan gong sebagai tanda PBAK 2022 resmi dibuka. Rektor didampingi oleh para Dekan seluruh fakultas menyematkan tanda peserta PBAK 2022 kepada perwakilan mahasiswa baru. Upacara pembukaan ditutup dengan orasi kemahasiswaan oleh Shofiyul Amin selaku Ketua DEMA UIN Walisongo Semarang. 

Usai pembukaan, terdapat rangkaian acara yang menarik yaitu kreativitas mahasiswa paper mob, lalu dimeriahkan oleh penampilan parade budaya yang ditampilkan langsung oleh icon setiap fakultas, seperti FISIP yang menggunakan kostum parade budaya berwarna merah dan terlihat tegas.

Setelah parade budaya selesai, dilanjut dengan penampilan dari seluruh Organisasi Daerah yang ada di UIN Walisongo Semarang, salah satunya yaitu Orda HMJB (Himpunan Mahasiswa Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten) mereka menampilkan tari kipas dan jaipongan, khas daerah mereka.

374 mahasiswa baru FISIP dengan rincian 149 mahasiswa baru prodi Ilmu Politik dan 225 dari prodi Sosiologi. Mereka kembali ke fakultas dan disambut secara khusus oleh seluruh pimpinan fakultas, para dosen, karyawan, serta ketua organisasi mahasiswa (ormawa) yang mengenakan pakaian kebaya untuk perempuan dan jas untuk laki-laki. 

Selain itu, mahasiswa baru berjalan secara tertib masuk ke gedung FISIP diiringi oleh dua penari mahasiswa Ilmu Politik. Pembukaan FISIP dimulai oleh sambutan dari Ketua DEMA FISIP M. Faris Balya. 

“Mahasiswa adalah seorang golongan yang pebuh inovasi dan kreativitas. Menjadi seorang mahasiswa artinya harus melakukan trilogi mahasiswa membaca menulis diskusi tentang isu-isu yang terjadi di masyarakat.” tutur Balya. 

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum secara resmi membuka PBAK di tingkat fakultas.

“Proses yang menjadi awal ini dinikmati, jangan dijadikan sebuah beban. Belajar di FISIP adalah belajar sosial dan politik bukan laboratorium sehingga membutuhkan nalar yang kritis”. tutur ibu Zulfa Elisabeth.

Pembukaan PBAK FISIP dilanjutkan dengan materi kewalisongoan yang juga disampaikan oleh Dekan FISIP. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here