Kamu Suka Belanja Online? Simak Kelebihan dan Kekuranganya

Suka Belanja Online, Simak Kelebihan dan Kekuranganya. ( foto ojk.go.id)

SIGIJATENG.ID – Belanja online, adalah model belanja yang tidak asing lagi. Sekarang, sebagian besar orang yang memiliki ponsel, pernah melakukan belanja online.  Bahkan, tidak hanya belanja online tetapi juga menjual online.

Belanja onlie semakin membumi alias banyak orang yang melakukan, karena Pandemic Covid-19.

Sebelum pandemic memang model belanja online sudah banyak dikenal, namun begitu pandemic Covid-19, karena ada larangan atau takut bertemu fisik dengan orang lain, maka langsung memilih melakukan belanja online untuk memenuhi kebutuhannya.

Belanja online adalah fenomena yang terus berkembang di masyarakat dalam 1 dekade belakangan ini. Jumlah peminatnya tersu bertambah dibandingkan dengan membeli barang langsung ke tokonya (offline).

Tidak hanya penduduk dengan tingkat ekonomi menengah atas, yang tergolong di tingkat menengah dan menengah ke bawah juga ikut terpengaruhi akibat tren ini. Meskipun demikian, hal ini ternyata memiliki beberapa dampak baik dan buruk untuk masyarakat loh.

Yuk simak langsung apa saja dampak positif dan negatif dari fenomena maraknya belanja online, dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id.

Kelebihan Belanja Online

1.      Praktis dan Efisien

Belanja online terasa adalah begitu praktis. Anda tidak perlu ribet karena hanya membutuhkan smartphone untuk mulai bertransaksi. Selain praktis, online shop juga menawarkan efisiensi waktu yang sangat cepat. Hanya dengan beberapa menit pun, Sobat sudah bisa melakukan transaksi. Selanjutnya tinggal menunggu barangnya dikirim sampai ke rumah. Jadi tidak perlu keluar biaya transportasi atau parkir.

2.      Pilihan yang Bervariasi

Belanja online memiliki lebih banyak pilihan, dan bisa Anda putuskan sendiri. Terlebih ketika Anda masuk ke toko online bertaraf nasional/ internasional, jenis barang yang ada lebih variatif dan bisa disesuaikan dengan gaya hidup bahkan isi kantong kamu.

3.      Banyak promo/diskon dan cashback

Ibarat pepatah “Hidup Itu Mudah Jika Kita Tahu Caranya”. Jika kamu ingin membeli suatu produk dengan harga dan waktu tertentu, banyak aplikasi belanja online yang menyediakan promo/ diskon dan bahkan cashback. Strategi marketing seperti ini terbukti ampuh untuk menarik minat pelanggan terhadap suatu brand. Hal ini sangat baik bagi kedua belah pihak, selain membuat laku online shop yang kamu beli tentu bisa menghemat keuangan Anda.

4.      Sistem Pembayaran Lebih Mudah

Sistem pembayaran yang mudah menjadi kelebihan belanja online yang disukai pelanggan. Mulai dari transfer ke beberapa rekening bank, menggunakan credit card, payment voucher dan sebagainya menjadi euphoria tersendiri bagi penggemar belanja online.

Bahkan beberapa e-commerce juga menyediakan pilihan pembayaran secara dicicil. Nahh… seru banget kan, tapi ingat ya belilah barang sesuai kebutuhan dan hindari impulse buying hanya karena keinginan sepintas.

Adapun Kekurangan Belanja Online

1.      Bisa Mengganggu Manajemen Keuangan

Keuangan adalah salah satu hal yang krusial dalam kehidupan. Dengan berbelanja online secara bijak, bisa dapat menghemat pengeluaran. Namun apabila belanja online menjadi hobi kegiatan dan bahkan menjadi kegiatan rutin dan membeli sesuatu di luar perencanaan (impulsive buying), hal itu merupakan salah satu musuh utama dalam perencanaan keuangan. Tanpa disadari ini sering menggagalkan kita untuk mencapai financial goals.

2.      Barang Tidak Sesuai Ekspektasi

Nilai minus lain yaitu online shop atau website toko hanya memajang foto/ gambar yang menarik. Dan kadang, barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi karean tanpa bisa memeriksa/ melihat langsung apakah sesuai dengan barang aslinya. Namun ini kasusnya juga sedikit.

 3.      Cenderung Membeli Barang yang Tidak Diperlukan (Konsumtif)

Seringkali tanpa disadari ketika belanja online tidak hanya barang yang dibutuhkan yang dibeli, tetapi dengan berbagai kemudahan dan promo/diskon yang ditawarkan membuat Sobat menjadi impulsif dan membeli berbagai barang yang diinginkan (lapar mata). Mulai dari make up, tas, sepatu, baju hingga perabotan rumah tangga secara tidak terkontrol.

Karenya, jangan sampai lepas control. Beliha barang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

4.      Rawan Penipuan

Meskipun belanja online sudah menjadi hal lazim dan banyak juga toko online terpercaya, bukan berarti tidak ada hal seperti penipuan dan semacamnya.

Masih saja banyak oknum yang mengincar pembeli yang kurang cerdas dalam berbelanja online. Karena itu perlu kehatian-hatian.

Itulah kelebihan dan kekurangan belanja online. Namun pada prinsipnya, selama kita berhati-hati, tidak lepas control, belanja online bisa menjadi pilihan yang kita lakukana untuk memenuhi kebutuhan kita dan keluarga kita. (asz)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here