Truk Muatan Kayu Tertimpa Tebing Longsor Tutup Jalur Wonosobo-Purworejo, BPBD: Tak Ada Korban Jiwa

Tebing setinggi 20 meter di jalur Wonosobo-Purworejo longsor pagi tadi. Foto : Dok.BPBD Wonosobo

Wonosobo (Sigijateng.id) – Sebuah truk yang tengah melintas di jalur Wonosobo-Purworejo tertimpa longsor tebing tanah setinggi 20 meter hingga terguling, pagi tadi. Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut menyebabkan arus lalu lintas macet.

Informasi peristiwa dibenarkan Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Bambang Trie. Dia mengatakan, longsor tebing yang menimpa truk bermuatan kayu tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB di wilayah Desa Kedalon, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo.

“Tebing setinggi 20 meter dan lebar 50 meter yang longsor. Lokasinya itu merupakan ruas jalan provinsi jalur Wonosobo-Purworejo,” kata Bambang Trie melalui sambungan handphone, Sabtu (28/5/2022).

Dia menyebutkan, material tanah longsor dari tebing itu menutup badan jalan. “Untuk tinggi material longsoran ini sekitar tiga meter. Dan ada truk bermuatan kayu albasia ini terkena longsoran. Beruntung sopir truknya tidak apa-apa,” ujar Bambang.

Meski tidak menimbulkan korban, Bambang menjelaskan, tanah longsor itu sempat menutup jalan selama sekitar dua jam. Walhasil, arus lalu lintas pun macet. Antrean kendaraan mengular dari dua arah yang berlawanan.

“Tadi sempat tertutup total karena material longsor. Sekarang sudah mulai bisa dilalui dengan sistem buka-tutup,” kata dia.

Saat ini, lanjut Bambang, tim dari BPBD Wonosobo dan sejumlah relawan sedang melakukan pembersihan material tanah longsor. Bambang mengimbau para pengendara yang akan melewati jalur Wonosobo-Purworejo agar berhati-hati saat melintas di lokasi tersebut.

“Ini sekarang sedang kami evakuasi, kurang lebih sekitar 1 jam lagi sudah bisa dilalui normal. Sekarang kami akan menyemprot dengan air agar material tanah longsor ini tidak membuat jalan licin. Dan, kepada pengguna jalan kami imbau untuk tetap berhati-hati,” tutupnya. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini