Tips dan Contoh Menulis Deskripsi Diri Di CV

    (unsplash)

    SIGIJATENG.ID – CV merupakan salah satu berkas lamaran kerja yang sangat penting dan diperlukan untuk seleksi administrasi dalam tahapan rekrutmen. Terdapat beberapa koandam di CV yang perlu dilengkapi.

    Ada koandam pengalaman kerja, riwayat pendidikan, skill atau keterampilan, kontak pribadi, dan about me atau deskripsi diri. Nah, kita bahas cara menulis deskripsi diri di dalam CV yuk! Simak sampai selesai

    Walaupun ssinya singkat, tapi koandang deskripsi diri ini menjadi penentu CV anda akan dibaca HRD atau tidak. Bagian deskripsi diri ini adalah bagian awal yang dibaca oleh rekruter. Bisa jadi penentu, CV anda akan lanjut dibaca atau tidak.

    Hal yang harus anda perhatikan saat menulis deskripsi diri :

    1. Isinya singkat, padat dan jelas

    Masih banyak hal lain yang harus anda tulis di CV, jadi bagian ini ditulis dengan 3-4 kalimat saja udah cukup.

    1. Harus bisa menggambarkan kemampuan yang anda punya.

    Walaupun singkat, anda harus membuat rekruter bisa mendapatkan gambaran anda itu orangnya bagaimana dari deskripsi diri ini.

    1. Deskripsinya disesuaikan dengan posisi yang dilamar

    Kalau dari deskripsi saja tidak relevan, bagaimana rekruter bisa tertarik lanjut baca CV anda kan?

    1. Highlight skill dan pengalaman anda yang paling relevan

    Di deskripsi diri anda bisa menyebutkan dua hingga tiga skills dan satu pengalaman yang paling relevan. Tidak usah terlalu dijelaskan karena di CV ada kolom skill dan pengalaman tersendiri.

    1. Pastikan tidak ada typo atau salah grammar

    Sebelum dikirim, recheck berkali-kali ya.

    1. Cantumkan kuantifikasi dengan angka agar terukur

    Misal: “memiliki pengalaman di bidang marketing selama 1 tahun”

    1. Update deskripsi diri secara berkala

    Apabila pekerjaan anda berubah, jangan lupa untuk memperbarui juga deskripsi diri agar lebih sesuai. Hal ini memudahkan anda apabila kedepannya ingin mencari pekerjaan atau peluang baru. Jadi, jangan lupa update CV dan deskripsi diri secara berkala, ya.

    Nah setelah mengetahui bagaimana cara untuk menuliskan deskripsi diri pada CV dengan tepat, berikut ini contoh deskripsi diri di CV untuk fresh graduate

    · Lulusan Desain Komunikasi Visual dari Universitas W. Memiliki pengalaman sebagai Graphic Designer selama 1,5 tahun. Mahir dalam menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator, CorelDraw, dan software desain grafis lainnya. Berpengalaman dalam membuat berbagai poster, infografis, GIF, mock up, dan aset lain sesuai kebutuhan pemasaran. Dapat bekerja dengan baik baik secara tim maupun mandiri dan memiliki kreativitas yang tinggi.

    · Seorang mahasiswa jurusan Teknik Telekomunikasi di Universitas Y. Dipercaya sebagai asisten lab jaringan telekomunikasi selama 11 bulan dan memiliki pengalaman magang di PT. Telekomunikasi sebagai Planning Engineering Deployment selama 3 bulan. Memiliki sertifikasi CISCO dan mencari peluang kerja di bidang Telekomunikasi. Dapat bekerja dengan baik secara tim maupun individu.

    · Lulusan S1 Akuntansi dari Universitas N dengan keterampilan research dan komunikasi. Memiliki pengalaman magang di PT. Finansial dan bertugas memeriksa kesehatan finansial 10 usaha kecil untuk memutuskan kelayakan pinjaman. Tertarik bekerja di posisi Junior Banker untuk meningkatkan keterampilan di keuangan dan bisnis.

    Nah, demikianlah pembahasan mengenai contoh deskripsi diri di CV dan tips menulisnya. Semoga membantu, ya. Beberapa contoh di atas dapat anda personalisasi sesuai kebutuhan, background pendidikan, dan pengalaman anda. (akhida)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here