Tengah Ramai Penyakit Hepatitis Misterius, Cobalah Ramuan Herbal Ini

Ilustrasi jamu herbal. Foto : pixabay.com

Sigijateng.id – Penyakit Hepatitis misterius saat ini tengah menjangkiti banyak orang, khususnya usia anak, di berbagai negara. Tak sedikit orangtua yang akhirnya khawatir akan penularan hepatitis akut tanpa sebab hingga memicu gejala parah dan kematian.

Hepatitis menyerang organ hati atau liver yang berfungsi menyaring berbagai bahan berbahaya agar tak terserap di tubuh. Apabila organ hati mengalami gangguan, maka tubuh sulit untuk bugar dan sehat.

Terlebih jika sudah mengalami kerusakan yang mengharuskan pasien menjalani transplantasi hati. Untuk itu, butuh pencegahan sejak dini agar organ hati anak bisa dijaga. Pencegahan hepatitis yang paling umum adalah mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan.

Pakar Herbal, Rianti Maharani MSi., mengatakan bahwa salah satu cara menyehatkan hati dengan asupan herbal. “Lagi ramai soal penyakit hepatitis akut. Ramuan ini bisa tingkatkan fungsi hati. Terbukti ampuh mengatasinya,” tuturnya dikutip dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi nasional swasta, Senin (9/5/2022).

Tak hanya itu, ramuan herbal temulawak juga mampu menambah nafsu makan pada anak sehingga imunitas meningkat dan mencegah berbagai penyakit.

Di temulawak, kata Rianti, minyak atsiri dari uap air rebusannya sendiri sudah berfungsi sebagai nafsu makan sehingga dianjurkan merebus airnya tanpa penutup panci.

“Yang membuat nafsu makan adalah minyak atsiri, dan itu ada di temulawak. Maka biarkan terbuka tutup rebusan agar minyak atsiri menguap. Aman bagi anak. Sudah ada penelitian bahwa temulawak bisa pada anak bisa tingkatkan nafsu makan dan berat badan,” jelas Rianti.

Berikut ini salah satu resep ramuan teh herbal temulawak:

Bahan:

Air 400ml , 28 gram Temulawak iris tipis, 6 gram kunyit iris tipis, 12 gram daun jombang, Pandan secukupnya, Sereh secukupnya, geprek

Cara mengolah:

Rebus air hingga mendidih. Masukan temulawak dan kunyit. Tunggu beberapa menit. Masukan kembali daun jombang. Tunggu hingga 5 menit Masukan pandan dan sereh untuk menambaj aroma. Matikan kompor lalu saring, dan sajikan selagi masih hangat. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here