Sukses Bantai Persija 2-0, Simak Klasemen Sementara PSIS Semarang

Pemain PSIS carlos Fortes saat turun melawan Persija Jakarta, Selasa (13/12/2022) malam. PSIS memang 2-0. ( foto PSIS)

SLEMAN (sigijateng.id) – PSIS Semarang berhasil memenuhi target saat melawan Persija di BRI Liga 1 2022/23 pekan 14 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (13/12/2022) malam.

Dalam laga yang diwarnai kartu merah ini, PSIS Semarang berhasil menang dengan skor 2-0 (2-0). Tambah tiga poin ini tentu mendongkrak posisi tim Mahesa Jenar di klasemen sementara.

Hasil ini sekaligus membayar kegagalan di laga sebelumnya saat kalah dari Borneo FC di pekan 13, saat itu PSIS kalah dengan skor 4-2.

Adapun gol pertama PSIS Semarang diciptakan oleh Riyan Ardiansyah di menit 20. Gol ini hasil kerja sama tik tok dengan Carlos Fortes.

Awalnya, dari sisi kanan penyerangan PSIS, Ardian membeirkan umpan jauh kepada Carlos Fortes yang berada di sisi kiri. Setelah mengontrol dan mendribling hingga kotak penalti, Carlos fortes memberikan umpan terukur kepada Riyan yang berada di depan gawang.

Dengan mudah, Riyan Ardiansyah menjebol gawang Persija yang dijaga kiper Andritany.

Tiga menit berselang, gawang Persija kembali bobol. Gol kedua tim Mahesa Jenar lahir dari sepakan keras pemain PSIS asal Jepang, Taisei Marukawa usai memanfaatkan bola liar di depan gawang Persija.

Bola sebetulnya sempat di blok bek Persija dan menerpa mistar gawang sebelah kiri.

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2022/2023, tanggal 14 Desember 2022. ( foto instagram)

Namun bola berbalik membentur pemain belakang Persija, Hamra Hehanusa dan masuk ke gawangnya sendiri. Gol ini dicata sebagai gol bunuh diri pemain Persija. PSIS unggul dengan skor 2-0.

Pada saat tambahan waktu, pemain PSIS Fajar Fares harus keluar lapangan karea menerima kartu merah, setelah menerima kartu kuning kedua.

Persija Jakarta yang tertinggal dua gol coba bangkit dengan bermain lebih agresif.

Peluang Macan Kemayoran datang dari Firza Andhika. Namun sepakan kaki kirinya hanya membentur mistar gawang PSIS yang dijaga kiper Wahyu Tri.

Persija coba mendominasi di babak kedua. Skuad Thomas Doll juga kembali meningkatkan serangan di babak kedua.

Absennya striker Michael Krmencik juga cukup mempengaruhi lini serang Persija.

Namun peluang yang diciptakan masih belum bisa menembus gawang PSIS.

Sementara PSIS coba menambah keunggulan dengan sesekali memanfaatkan serangan balik.

Namun serangan yang dibangun Taisei Marukawa dkk belum mampu menambah keunggulan. Peluang Taise berhasil digagalkan penjaga gawang Persija.

Babak kedua, PSIS melakukan banyak pergantian pemain. Menit ke 61, Carlos Fortes yang diganti oleh Andreas Ado,  Reza Irfana diganti oleh Ridho Syuhada Putra.

Babak kedua, Persija meningkatkan serangan. Namun hingga laga usai, kedudukan tidak berubah.

Kemenangan ini mengantarkan PSIS Semarang naik ke papan tengah klasemen BRI Liga 1 2022/23.

Tambahan tiga poin menempatkan PSIS Semarang ke posisi 11 dengan nilai 17 poin dari 13 kali main. Sementara, Persija  berarda di peringkat kelima dengan poin 25 dari 13 main.

Pelatih Persija, Thomas Doll mengakui kekalahan timnya. Menurutnya, permainan Persija tidak di level terbaiknya.

“Selamat kepada PSIS dengan kemenangan 2-0,” kata dia.

Thomas Doll pun mengungkapkan faktor yang menyebabkan hal tersebut. Permasalahan utama Persija ada di sektor penyerangan. Jika di babak pertama bisa mencetak satu gol, mungkin di babak kedua kami bisa bermain lebih baik lagi

“Masalah utama selain itu adalah kami kehilangan banyak pemain. Pemain-pemain Timnas U-20 yang baru kembali pun belum bisa memberikan permainan terbaiknya,” katanya melanjutkan.

Komposisi pemain Macan Kemayoran sejatinya memang tidak lengkap. Hansamu Yama Pranata, Muhammad Ferarri, dan Syahrian Abimanyu tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas proyeksi Piala AFF 2022.

Sementara itu, pemain Timnas U-20 yang tampil di laga tersebut adalah Alfriyanto Nico Saputro, Ginanjar Wahyu, dan Dony Tri Pamungkas.

Selain itu, striker asing asal Ceko, Michael Krmencik tidak bisa tampil karena tengah menjalani hukuman enam laga tidak bisa bermain.

“Pertandingan ini (vs PSIS) bukan permainan yang baik bagi Persija. Banyak pemain absen, Krmencik pun kena sanksi. Di pertandingan selanjutnya Yusuf (Helal) akan absen karena akumulasi kartu kuning (4). Ini permainan Persija yang tidak baik. Jika pemain lengkap akan lebih baik,” ucap juru taktik asal Jerman itu. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini