Menag Ajak Umat Islam Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur Hari Jumat Ini

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau Masjid Mohamed bin Zayed di Solo, Kamis (24/11/2022).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau Masjid Mohamed bin Zayed di Solo, Kamis (24/11/2022).

SOLO (sigijateng.id) – Menteri Agama mengajak umat Islam untuk menggelar Salat Gaib selepas Salat Jumat,, hari ini tanggal 25 November 2022.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau Masjid Mohamed bin Zayed di Solo, Kamis (24/11/2022) disela-sela pelaksanaan kegiatan Pospenas IX Solo.

“Saya imbau umat Islam Indonesia, sempatkan waktu sejenak, setelah Salat Jumat, untuk melaksanakan Salat Gaib dan mendoakan arwah korban gempa Cianjur,” pesan Menag usai, yang baru saja membuka ajang Pospenas IX tahun 2022 di Stadion Manahan Solo, Rabu (23/11/2022) malam.

Menag Gus Yaqut mengatakan sudah sudah meminta Dirjen Bimas Islam untuk menerbitkan edaran terkait ajakan Salat Gaib ini.

Lebih dari 270 orang dilaporkan meninggal akibat gempa di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022. Selain itu, ada ratusan korban luka, baik berat, sedang, maupun ringan. Hingga Kamis dilaporkan 30 orang masih dalam pencarian.

Menindaklanjuti arahan Menag, atas nama Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsya) Adib mengaku bahwa pihaknya telah menerbitkan edaran terkait pelaksanaan Salat Gaib.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal pada gempa di Kabupaten Cianjur, umat Islam diimbau melaksanakan Salat Gaib mendoakan korban meninggal dunia setelah Salat Jumat pada 25 November 2022,” ujar Adib menjelaskan substansi edarannya, dikutip dari laman resmi kemenag.

“Di Jakarta, Masjid Istiqlal juga akan melaksanakan Salat Gaib untuk korban meninggal pada peristiwa gempa Cianjur,” sambungnya. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini