Jarang Diketahui, Berikut 7 Manfaat Lilin Lebah atau Beeswax

Jarang Diketahui, Berikut 7 Manfaat Lilin Lebah atau Beeswax (Foto : freepik.com)

SIGIJATENG.ID – Seperti yang kita tau, lebah merupakan hewan yang bisa menghasilkan madu. Madu sendiri memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, madu menjadi bahan herbal terbaik untuk kesehatan.

Tak hanya madu, lebah juga menghasilkan Beeswax atau yang lebih kita kenal dengan sebutan lilin lebah.

Beeswax atau lilin lebah adalah bahan alami yang terbuat dari sarang lebah. Pencampuran minyak serbuk sari dan lilin dari sarang lebah menghasilkan beeswax berwarna kuning atau kecoklatan. Manfaat beeswax untuk kesehatan pun cukup banyak.

Selain itu, Beeswax memiliki efek anti-pembengkakan, sehingga ia akan membantu memberikan perlindungan terhadap luka, ruam, dan peradangan.

Lantas, apa saja manfaat beeswax atau lilin lebah yang jarang diketahui?

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut 7 Manfaat dari Beeswax atau Lilin Lebah:

  1. Mengatasi Robekan Kecil di Anus (Fisura Anal)

Mengoleskan campuran beeswax, madu, dan minyak zaitun ke daerah anus yang mengalami masalah fisura anal selama 12 jam mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan gatal akibat fisura anus.

  1. Mengatasi peradangan kulit

Kulit yang gatal bisa terjadi karena eksim dan psoriasis. Jika kamu terkena penyakit ini, kemungkinan kamu akan terkena peradangan kulit kronis. Nah, lilin lebah menjadi pilihan yang tepat untuk kondisi kulit tersebut. Tak hanya madu, lilin lebah juga mengandung anti peradangan, yang baik untuk mengatasi peradangan pada kulit.

  1. Melembabkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan tadi, lilin lebah berguna dan baik untuk melembabkan kulit. Nah, ini yang membuat lilin lebah sering digunakan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit.

  1. Mencegah Penularan Infeksi Jamur Menular (Tinea Cruris)

Tinea cruris kerap dialami oleh orang-orang yang tidak menjaga kebersihan sering membiarkan berlama-lama mengenakan pakaian lembap. Mengoleskan beeswax ke area yang mengalami tinea cruris dapat dapat membantu mengurangi gatal dan mempercepat proses penyembuhan infeksi jamur menular tersebut. Selain itu, beeswax juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti, kolesterol tinggi, bisul, dan diare.

  1. Menghilangkan jerawat

Bahan alami ini juga mengandung antibakteri, anti peradangan, serta antioksidan dikenal menjadi bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Kurap (Tinea Corporis)

Karena beeswax dapat menyembuhkan gangguan kulit yang bisa mengakibatkan peradangan dan ruam, itulah sebabnya beeswax juga efektif untuk penanganan tinea corporis atau kurap. Kamu bisa mengkombinasikan bahan beeswax dengan madu dan minyak zaitun, kemudian mengoleskannya ke area yang mengalami masalah kulit.

  1. Melembabkan Bibir

Bibir yang kering dan kasar tentu tidak diinginkan. Nah, lilin lebah ini juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Madu sendiri juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir, tentu campuran madu dan lilin lebah bisa kamu gunakan atau salah salah satunya saja.

Nah itu dia 7 manfaat Lilin Lebah atau Beeswax yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini