Inovatif Pemuda, DPC BMWI Blora Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Industri

Bupati Blora saat membuka pelatihan di pendopo rumah dinas, Jumat (20/5/2022) (foto:agung/sigijateng)

Blora (Sigijateng.id) –DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora menggelar pelatihan pemanfaatan limbah industri yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bagi pemberdayaan masyarakat, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, jumat (30/05/2022).

Bupati Blora Arief Rohman, yang berkesempatan membuka pelatihan tersebut mengusung Tema Sesarengan Mbangun Blora ini bekerjasama dengan pemkab Blora, pemerintah Desa, Karang Taruna dan beberapa Perusahaan swasta yang berlangsung selama 3 hari 20-22 Mei 2022.

Bupati Arief mengatakan bahwa acara inovatif bagi masyarakat kita. Dengan pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh para pemuda, ini tentu akan sangat bermanfaat.

“Beberapa waktu lalu, teman teman DPC ini cerita ke saya dan saat di Klaten dengan beberapa OPD melihat secara langsung home industri sana yang mana sangat bagus. Secara ekonomi menghasilkan pendapatan, Maka dengan potensi yang ada bisa bermanfaat, ” kata Bupati Arief.

Inovatif Pemuda, DPC BMWI Blora Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Industri

“Saya berharap nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, kami juga tunggu setelah pelatihan nanti bisa di praktekan dan terlihat hasilnya,” imbuhnya.

Namun begitu, lanjut Arief, nantinya dalam pelatihan ini dari dinas terkait bisa mendampingi. Hal ini mengingat potensi UKM di Blora ini bagus untuk dikembangkan.

“Termasuk inovasi terkait limbah ini juga potensi, kalau produk sudah ada, nanti dinas bisa ikut membantu pemasaran dan sebagainya. Kalau perlu nanti dibuatkan ruang bagiamana produk nya bisa disebarluaskan yang nantinya bisa bermanfaat, ” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Agung Heri Susanto berharap semangat dari peserta ini nantinya bisa menjadi pionir/contoh di Desa maupun Kecamatan.

“Kami harap nanti ada evaluasi pasca pelatihan ini, dan kami nanti bersama kades akan melihat apa hasil yang dilakukan pelatihan ini, Sehingga kedepan bisa bermanfaat untuk kemajuan kegiatan di Desa dan mampu memberikan sumbangsih Kabupaten Blora. ” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC BMWI Blora Roy Kurniadi mengatakan pelatihan ini diikuti sebanyak kurang lebih 100 peserta yang berasal dari Desa.

“Pelatihan nantinya akan dilaksanakan selama 2 hari, pembukaan di Pendopo dan dilanjutkan pelatihan di BLK Blora,nantinya para peserta akan dilatih membuat kerajinan dari limbah,” ucapnya.

Dalam pembukaan kali ini dihadiri oleh Ketua BMWI jawa Tengah,Ketua Apdesi Blora, Ketua Karang Taruna Blora,Kepala Dinas Sosial, Dinas DLH, dan Narasumber.(Agung)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini