Inilah Pentingnya Menggunakan Tabir Surya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Tabir Surya ( foto pexels.com)

SIGIJATENG.ID – Sinar matahari yang sampai ke muka bumi mengandung sinar ultraviolet (UV) yang terdiri dari dua jenis, yakni sinar UV A dan UV B. Keduanya akan berbahaya jika terpapar secara berlebihan ke dalam kulit wajah. Sinar UV B dapat menyebabkan sensasi kulit terbakar (sunburn) yang dapat merusak permukaan kulit dan sinar UV A dapat merusak DNA kulit yang mampu menimbulkan penuaan dini pada wajah. Menjaga kesehatan kulit wajah tidak kalah penting dibandingkan dengan menjaga kesehatan anggota tubuh yang lain. Proteksi secara tepat bagi kulit wajah dapat dilakukan dengan rajin menggunakan tabir surya setiap harinya, berikut ini berbagai manfaat dari tabir surya bagi kesehatan kulit wajah.

1.      Mencegah Kulit Belang dan Flek Hitam

Aktivitas di luar ruangan mempercepat proses penggelapan kulit, penggunaan tabir surya secara rutin setiap dua jam sekali dapat mengindari terjadinya penggelapan warna kulit dan munculnya flek-flek hitam di wajah.

2.      Memberi Perlindungan Ganda

Tabir surya yang direkomendasikan oleh para ahli kulit ialah tabir surya dengan broad spectrum (spektrum luas). Tabir surya ini mampu memberi perlindungan ganda dengan kandungan SPF diatas 15. Anda yang berada di Indonesia disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA minimal +++ untuk perlindungan maksimal terhadap sinar UV.  

3.      Mencegah Sensasi Sunburn Akibat Sengatan  Sinar Matahari

Sinar UV B yang terpapar berlebihan ke permukaan kulit wajah dapat menimbulkan sensasi terbakar, pedih dan pengelupasan pada permukaan kulit. Selain itu, cuaca yang panas akan memperburuk akibatnya dengan menimbulkan iritasi serta gatal-gatal. Hindari hal tersebut dengan rutin menggunakan tabir surya.

4.      Mencegah Penuaan Dini

Risiko tingkat penuaan dini akan lebih rendah bagi orang-orang yang rajin menggunakan tabir surya di bawah usia 55 tahun daripada orang-orang yang tidak menggunakan tabir surya. Kerutan dan garis-garis halus pada wajah sebagai tanda penuaan dini akan tersamarkan.

5.      Mencegah Kanker Kulit

Sebagian besar kanker kulit secara langsung disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan dalam jangka waktu lama. Jika tidak dapat diperbaiki secara alami oleh tubuh maka akan berkembang menjadi tumor.

6.      Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kulit wajah yang terlindung oleh tabir surya, semua lapisan kulitnya akan terjaga kesehatannya. Bahan-bahan yang terkandung di dalam tabir surya biasanya dapat membantu merawat kulit dengan melembabkan atau menangkal polusi udara.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari tabir surya, sayang sekali jika masih mengabaikan kesehatan kulit wajah dengan tidak menggunakan tabir surya. Jangan lupa untuk memilih produk tabir surya sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Efektivitas dari tabir surya juga ditentukan dengan cara penggunaannya, yakni tabir surya harus dioleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah, penggunaan yang rutin setiap hari, tabir surya dipakai 15-30 menit sebelum keluar ruangan, pengulangan pemakaian tabir surya setelah 2-4 jam dioleskan dan penggantian produk tabir surya dengan produk baru dianjurkan untuk mencobanya pada area kecil terlebih dahulu untuk menghindari efek alergi maupun iritasi. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini