Ingat! Hari Pencegahan Defisiensi Yodium Sedunia Jatuh Pada Hari Ini, Berikut Cara Menjaganya

Ilustrasi Rumput laut. Foto : unsplash.com

SIGIJATENG.ID – Beberapa negara di dunia memperingati World Iodine Deficiency Day (IDD) atau Hari Pencegahan Defisiensi Yodium setiap tanggal 21 Oktober.

Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memenuhu kebutuhan yodium dalam tubuh.

Zat gizi mikro esensial ini dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi tiroid yang tepat sehingga perkembangan otak dan pertumbuhan secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik.

Kekurangan Yodium adalah penyebab utama penyakit gondok atau hipotiroidisme. Kekurangan Yodium dapat ditanggulangi sebelum kelahiran. Selain itu kekurangan yodium pada wanita hamil juga dapat menyebabkan kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa World Iodine Deficiency Day atau Pencegahan Defesiensi Yodium adalah penyebab utama kerusakan otak paling umum di dunia, meskipun sangat dapat dicegah dan ditanggulangi.

Menurut WHO sudah banyak negara yang mampu mengatasi kekurangan Yodium dengan merata untuk masyarakatnya.

Iodisasi garam universal adalah langkah utama global untuk pengendalian IDD atau Pencegahan Defesiensi Yodium yang dimulai sejak tahun 1993 dan telah membantu sebagian besar negara mengambil langkah dalam mengatasi masalah kesehatan endemik ini.

Dengan adanya hari Pencegahan Defesiensi Yodium maka diharapkan kesadaran masyarakat meningkat terkait penggunaan Yodium yang sangat penting untuk tubuh kita dan memberi informasi mengenai pentingnya Yodium dalam mencegah komplikasi yang berhubungan dengan kekurangan Yodium.

Tentu saja anda tidak ingin menderita komplikasi akibat kekurangan mineral yang satu ini bukan? Berikut rekomendasi makanan tinggi yodium menurut rekomendasi ahli gizi.

  1. Rumput Laut
    Meskipun rumput laut merupakan sumber yodium yang sangat baik, ahli mencatat bahwa jumlah yang tepat dari mineral yang sangat penting ini bervariasi menurut jenis atau khusus rumput laut yang Anda masak. Kombu rumput laut, yang katanya “paling sering digunakan untuk membuat sup Jepang,” mengemas jumlah yodium tertinggi hampir 3.000 mcg per gram.
  2. Ikan Cod
    Ikan Cod mengandung antara 65 hingga 100 mcg yodium per tiga ons. Kandungan yodium dari cod bervariasi berdasarkan berbagai faktor — termasuk wilayah di mana ia ditangkap, apakah ikan itu ditangkap secara liar atau dibesarkan di peternakan, dan kandungan lemaknya — cod masih merupakan pilihan yang bagus untuk mengisi mineral penting ini.
  3. Udang
    Udang adalah sumber yodium yang baik karena, seperti ikan lainnya, mereka dapat menyerap yodium yang secara alami ditemukan di air laut. Satu porsi udang tiga ons mengandung sekitar 35 mcg yodium, ditambah nutrisi penting lainnya seperti selenium, fosfor, dan vitamin B12.
  4. Telur
    Telur adalah sumber yodium sekitar 25 mcg, apapun cara mengolahnya. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi kuning telur juga sebab mayoritas yodium berasal dari kuning telur.
  5. Susu
    Susu adalah sumber yodium terbesar dalam makanan standar Amerika. Dengan demikian, kandungan yodium total dalam produk susu bervariasi di berbagai sumber makanan dan kandungan lemaknya masing-masing. Satu cangkir susu dapat mengandung antara 60 dan 115 persen yodium, sedangkan yogurt tawar mengandung sekitar 50 persen yodium.

Jangan sampai tubuh anda mengalami defisit yodium ya. Pehatikan asupan makanan tinggi yodium yang disarankan oleh ahli agar anda dan anggota keluarga lain semakin peduli dengan tingkat gizi dan vitamin pada makanan yang disantap. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini