Dua Gol Enner Valencia, Bikin Qatar Kalah dengan Ekuador di Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Kapten Ekuador Enner Valencia. ( foto instragram)

SIGIJATENG.ID – Tuan rumah Qatar harus gigit jari saat menghadapi Ekuador di laga pembuka Piala Dunia 2022 Qatar Minggu (20/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Qatar kalah dengan skor 2-0 (2-0) dalam laga yang digelar di di Stadion Al Bayt, Doha.

Kapten Ekuador, Enner Valencia sukses mencatak brace pada laga tersebut. Ekuador menguasai jalannya pertandingan babak pertama.

Duagol terjadi pada babak pertama semua. Gol pertama dicetak melalui tendangan pinalti, dan kedua melalui kepala.

Di babak kedua tidak ada tambahan gol, Ekuador menurunkan tempo permainan. Mereka cukup nyaman dengan keunggulan 2 gol. Tuan rumah memanfaatkan itu dengan menciptakan beberapa peluang. Sayang, tak ada gol balasan yang tercipta.

Dengan hasil ini, untuk sementara Ekuador memimpin grup A dengan raihan 3 poin.

Qatar harus berjuang keras untuk lolos. Lawan selanjutnya, yakni Senegal dan Belanda di laga lanjutan grup A.

Ekuador sejatinya sudah mengoyak gawang tuan rumah pada menit ke 3. Namun, gol sundulan Enner Valencia dianulir VAR. Valencia dinyatakan offside.

Ekuador mendapatkan hadiah penalti setelah kaki Valencia dijegal dengan tangan Saad Abdullah Al Sheeb. Valencia maju sebagai eksekutor dan sukses membawa Ekuador unggul 1-0 di menit ke-16.

Qatar nyaris kebobolan lagi di menit ke-19. Pervis Estupinan berhasil mengirim bola ke tengah kotak penalti lewat umpan silang, namun Michael Estrada tak bisa menyundul dengan baik dan bertabrakan dengan kiper lawan.

Ekuador terus menekan Qatar. Tim tuan rumah tak banyak menguasai bola dan permainan terlihat hanya setengah lapangan.

Ekuador akhirnya bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-31. Sebuah bola umpan silang dari Angelo Preciado disambar dengan sundulan Valancia.

Qatar masih tak bisa mengembangkan permainan sampai menit ke-40. Sekalinya mampu menguasai bola, anak asuh Felix Sanchez lebih banyak melakukan umpan-umpan di wilayah sendiri.

Tak ada gol dari Qatar sepanjang babak pertama. Ekuador pun memimpin 2-0 sampai turun minum.

Pada menit 54 Ekuador mendapat peluang emas. Romario Ibarra melepaskan tembakan dalam posisi yang sudah sangat dekat, tapi bola masih bisa ditepis oleh Al Sheeb.

Qatar bisa mengancam di menit ke-61 lewat Pedro Miguel. Dia menanduk bola dari umpan silang, namun arahnya masih sedikit menyamping dari target.

Sebuah tembakan dari luar kotak penalti dilepaskan Akram Afif pada menit ke-74. Bola yang dia lepaskan meluncur deras meski arahnya ke atas gawang.

Tak ada gol tambahan sepanjang babak kedua. Ekuador sukses mengalahkan Qatar 2-0.

Susunan Pemain:

Qatar: Al Sheeb; Khouki, Hisham, Hassan; Miguel, Hatem, Al Heidos (Waad 72′), Boudiaf, Ahmed; Afif, Ali (Muntari 72′).

Ekuador: Galindez; Preciado, Torres, Hincapie, Estupinan; Ibarra (Sarmiento 68′), Plata, Caicedo (Franco 90′), Mendez; Estrada (Rodriguez 90′), Valencia (Cifuentes 77′). (asz)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini