Desain Menyerupai Peci, Simak Profil Stadion Al Thumama Venue Piala Dunia 2022 Qatar!

Desain Menyerupai Peci, Simak Profil Stadion Al Thumama Venue Piala Dunia 2022 Qatar! (foto : www.qatar2022.qa)

SIGIJATENG.ID – Bagi kalian para pecinta sepakbola pasti sudah tak sabar menunggu pagelaran pertandingan sepak bola kelas dunia, Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 akan diselenggarakan di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.
Pertandingan sepak bola paling bergengsi di dunia ini akan diadakan di delapan stadion di Qatar, salah satunya adalah Stadion Al Thumama.

Yuk simak profil Stadion Al Thumama berikut ini!

Stadion Al Thumama mulai dibangun sejak 2017 lalu dan selesai pada tahun 2021.

Stadion Al Thumama menjadi salah satu stadion yang dibangun khusus untuk menyambut Piala Dunia 2022. Stadion ini terletak 12 kilometer dari ibu kota Doha dan memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton.

Namun, setelah Piala Dunia 2022 berakhir, kapasitas Stadion Al Thumama dikabarkan akan dikurangi. Sebanyak 20.000 kursi di tribun atas akan dipindah dan digantikan dengan hotel butik berjumlah 60 kamar.

Dilansir dari laman resmi FIFA, desain stadion ini cukup unik, karena terinspirasi dari peci tradisional atau gahfiya, topi tenun tradisional yang digunakan oleh pria dan anak laki-laki di Arab.

Sebagai bagian integral dari kehidupan keluarga dan pusat tradisi, gahfiya melambangkan datangnya usia bagi kaum muda. Saat kepercayaan diri dan ambisi yang muncul yang menandai langkah pertama ke masa depan dan realisasi mimpi, ini adalah inspirasi yang tepat untuk stadion unik ini.

Eksteriornya gedung yang putih cemerlang menonjol di tengah lingkungan hijau yang rimbun dengan area untuk bermain dan bersantai. Stadion Al Thumama menghadirkan visi di luar inspirasi dan tujuannya, yakni menandai datangnya usia untuk permainan yang indah.

Selain itu, pembukaan resmi dari stadion ini sebenarnya telah dilakukan pada Oktober 2021 silam, bertepatan dengan penyelenggaraan final Emir Cup 2021, mempertemukan antara Al Rayyan dan Al Sadd.
Stadion Al Thumama memiliki keistimewaan daripada stadion-stadion lainnya di Piala Dunia, yaitu venue ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Hamad.

Stadion Al Thumama memiliki sistem pendingin secara artifisial, sebagai bagian dari strategi agar udara di dalam stadion sejuk. Udara dalam stadion didinginkan, memakai kipas bertenaga energi matahari yang langsung terasa ke seluruh arena stadion.

Kawasan di sekitar stadion akan menjadi pusat komunitas dengan fasilitas untuk berbagai olahraga, termasuk bola tangan, bola voli, bola basket, dan renang. Lintasan untuk lari dan bersepeda juga akan mengelilingi kawasan ini, menyediakan jalan keluar bagi olahragawan dari setiap lini.]

Tak hanya itu, akan ada sejumlah unit ritel dan komersial yang dibuat untuk memastikan area tersebut menjadi pusat olahraga dan aktivitas yang ramai.

Stadion Al Thumama akan menjadi venue fase grup hingga perempatfinal Piala Dunia 2022. Duel Senegal vs Belanda menjadi salah satu laga fase grup yang digelar di Stadion Al Thumama.

Berikut adalah laga-laga Piala Dunia 2022 yang dihelat di Stadion Thumama:
• 21 November – Grup A: Senegal vs Belanda (19.00 waktu setempat)
• 23 November – Grup E: Spanyol vs Kosta Rika (19.00 waktu setempat)
• 25 November – Grup A: Qatar vs Senegal (16.00 waktu setempat)
• 27 November – Grup F: Belgia vs Maroko (16.00 waktu setempat)
• 29 November – Grup B: Iran vs Amerika Serikat (22.00 waktu setempat)
• 1 Desember – Grup F: Kanada vs Maroko (18.00 waktu setempat)
• 4 Desember – Babak 16 Besar: 1D vs 2C (18.00 waktu setempat)
• 10 Desember – Perempat final: W55 vs W57 (18.00 waktu setempat)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini