Aksi Fans Jepang Bersihkan Sampah Usai Pertandingan di Piala Dunia 2022 Tuai Pujian Warganet

Aksi Fans Jepang Bersihkan Sampah Usai Pertandingan di Piala Dunia 2022 Tuai Pujian Warganet (foto : tangkapan layar instagram @qatarliving)

SIGIJATENG.ID – Masyarakat Jepang memang terkenal dengan budaya kedisiplinan dan kebersihannya. Walau sedang berada di luar negara mereka, masyarakat Jepang selalu menerapkan budaya apiknya tersebut.

Hal itu, terbukti dengan aksi fans Jepang bersihkan sampah yang ditinggalkan penonton setelah acara pembukaan World Cup 2022.

Baru-baru ini beredar video viral yang diunggah oleh akun instagram @qatarliving, yang memperlihatkan fans Jepang berbondong-bondong memungut sampah di sekitar tempat duduk penonton di Stadion Al-Bayt, Qatar.

“Penggemar Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion setelah pertandingan pembukaan!” caption unggahan tersebut, dikutip SIGI JATENG, Selasa (22/11/22).

Hal tersebut dilakukan setelah acara pembukaan FIFA World Cup 2022 Qatar vs. Ekuador yang diselenggarakan pada 20 November 2022.

Aksi terpuji mereka tersebut lantas mendapat pujian karena perlakuan baiknya walaupun itu bukan pertandingan dari negaranya.

Ketika ditanya oleh sang pemilik video, Omar Al-Farooq, mereka menjawab, “Kita orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di belakang kita. Kita menghargai tempat tersebut.”

Kemudian Ketika Omar bertanya apakah mereka melakukannya karena ada kamera kepada fans Jepang lainnya, mereka menjawab “Ini bukan karena kamera.”

Mereka mengatakan bahwa hal tersebut memang tulus mereka lakukan, bukan karena ingin merekamnya dan mengunggahnya. Pasalnya yang melakukan bukan hanya satu dua orang saja, melainkan banyak orang Jepang disana yang melakukannya.

Para fans Jepang bahkan memungut bendera dari negara lain yang ditinggalkan di atas lantai. Mereka dengan hormat meletakkannya di atas kursi.

Hal seperti ini mungkin telah banyak didengar bahwa masyarakat Jepang memiliki kehidupan yang disiplin termasuk tentang kebersihan.

Menariknya lagi, bahwa mereka juga melakukannya di negara lain saat pertandingan tersebut bukan pertandingan negara mereka sehingga membuat banyak warganet memuji aksi keren mereka tersebut.

“Ini yang disebut penghormatan terhadap sebuah negara. Tepuk tangan besar kepada orang Jepang, mereka menunjukkan budaya mereka, sementara beberapa orang Eropa membuat kekacauan…” komen akun @aze***.

“Jepang adalah orang yang paling hormat dan disiplin di dunia.” ujar akun @jon***.

“Saya cinta Jepang dan saya selalu mengagumi budaya dan nilai-nilai mereka! Mereka pantas dihormati dan jika ada kita semua harus belajar dari mereka!” kata akun @rik***.

Sementara itu, sebenarnya aksi fans Jepang yang patut dicontoh ini bukanlah pertama kali mereka lakukan. Saat Piala Dunia 2018 di Rusia, mereka juga melakukan hal yang sama, memungut sampah dan membersihkan tempat duduk Rostov Arena. (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini