Sambut PON, IPDN Wujudkan Implementasi Program Presiden Terkait Percepatan Vaksinasi Masal di Papua

Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. ( foto ist)

SIGIJATENG.ID –  Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama dengan TNI AL mewujudkan implementasi program Presiden RI tentang percepatan vaksinasi masal di Papua. Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 15 September 2021.

Pada tanggal 13 September 2021, target pemberian vaksinasi ialah masyarakat Kota Jayapura khususnya pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa. Total target pada hari pertama yakni sebanyak 5.000 orang. Pemberian vaksinasi dilanjutkan pada tanggal 14 September 2021 untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura. Pelaksanaannya sendiri dilaksanakan di Kantor Bupati Jayapura dan Stadion dengan target 3.000 orang.

Untuk hari terakhir, vaksinasi dilakukan di Kabupaten Keerom dengan target 3.500 orang. Sehingga total target pemberian vaksinasi masal di Papua ini bisa mencapai 70 persen,

“Pelaksanaan bakti sosial berupa vaksinasi masal ini merupakan salah satu implementasi program arahan Bapak presiden dalam rangka percepatan vaksinasi untuk masyarakat Papua serta merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan PON ke-XX di Papua. Kami (IPDN) bersama dengan TNI AL telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Daerah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Dinas Pendidikan Provinsi Jayapura untuk melaksanakan vaksinasi ini. Selanjutnya untuk vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Kabupaten/Kota setempat”, ujar Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM.

Selain di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, vaksinasi massal juga dilaksanakan di KRI Suharso dengan target 3000 orang yang terdiri dari masyarakat, khususnya pelajar atau mahasiswa di wilayah Jayapura Utara dan Jayapura Selatan.

“Untuk vaksinasi di KRI Suharso akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Jayapura dan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan”, ujarnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi di Papua ini, jumlah tenaga kesehatan yang diterjunkan yakni tenaga kesehatan gabungan dari tim IPDN sebanyak 15 orang, tim Mabes TNI AL sebanyak 10 tim, Lantamal X Jayapura sebanyak 10 tim, Dinkes Kota Jayapura sebanyak 10 tim, 5 tim dari Polres Jayapura, 5 tim dari Polres Keerom dan 5 tim dari Polresta Jayapura.

Rektor IPDN menambahkan bahwa selain melakukan vaksinasi covid-19 gratis ,IPDN melalui IPDN Kampus Papua juga melakukan bakti sosial dengan memberikan 5.000 paket sembako gratis bagi peserta vaksin. Sebelumnya IPDN bersama TNI AL juga telah melaksanakan gebyar vaksinasi massal untuk masyarakat di sekitar lingkungan Kampus IPDN Jatinangor pada tanggal 20 sampai 21 Agustus 2021 dengan jumlah peserta mencapai 7.500 orang. (tc)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini