Lewat Adu Penalti, Italia Juara Euro 2020, Kubur Impian Inggris

Timnas Italia saat merayakan kemenangan.

SIGIJATENG.ID – Timnas Italia sukses merebut juara Eropa ( Euro 2020) dalam laga final melawan Timnas Inggris Senin dini hari tadi WIB.

Italia menang melalui drama adu penalti 3-2 setelah dalam babak normal 90 menit di ekstra time 30 menit kedudukan berakhir 1-1.

Bagi Italia ini adalah raihan kedua, setelah kali pertama diraih tahun 1968. Dan bagi Inggris, tim Inggris harus kembali gigit jari, apalagi ini adalah kali pertama Inggris lolos final Euro.

Laga final Piala Eropa ( Euro 2020) digelar di Stadion Wemble London, Senin 12 Juli 2021 dinihari. Berstatus sebagai tuan rumah sebetulnya menguntungkan bagi Inggris. Namun Inggris belum beruntung di drama adu penalti. Italia pulang dengan kepala tegak dan suka cita. Tim Gli Azzurri mengalahkan the Three Lions Inggris 3-2 lewat adu penalti.

Usai laga, kiper Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga ini. Penampilannya meyakinkan dengan mengeblok beberapa peluang emas dan tendangan penalti. Sebetulnya, Inggris mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan dua menit. Gol cepat beraal dari umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan menuju Luka Shaw yang tak terkawal dan mampu menyambar bola untuk memperdayai Gianluigi Donnarumma. Inggris unggul 1-0 pada babak pertama usai.

Italia berusaha untuk membalas gol itu. Italia yang bisanya tampil bertahan dengan mengandalkan serangan balik, justru tampil terbuka. Namun hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 1-0 untuk Inggris.

Pada babak kedua, pelatih timnas Italia Roberto Mancini melakukan perubahan di menit ke-55 dengan menarik keluar Nicolo Barella dan Ciro Immobile. Kedunya digantikan oleh Bryan Cristante dan Domenico Berardi.

Italia akhirnya berhasil menyamakan skor di menit ke-67. Sebuah kemelut di kotak penalti Inggris dari umpan sepak pojok diselesaikan oleh Leonardo Bonucci.

Skor imbang 1-1 hingga babak kedua usai. Namun saat babak tambahan kedua tim juga tidak menciptakan gol sehingga final Piala Eropa ditentukan lewat adu penalti.

Adu penalti akhrnya dimenangkan Italia dan keluar sebagai juara Euro 2020 dengan skor 3-2.

Saat adu penalti, Italia mendapat kesempatan sebagai tim penendang pertama. Berardi sukses membawa Italia unggul 1-0. Selanjutnya Inggris kedua melalui Harry Kane selaku eksekutor pertama Inggris menyamakan skor 1-1.

Andrea Belotti maju sebagai penendang kedua Italia, tapi bola tembakannya berhasil dihalau oleh Pickford. Inggris tendangan berikutnya kemudian berbalik unggul 2-1 lewat eksekusi Harry Maguire.

Bonucci menjadi penendang ketiga Italia dan menyamakan skor menjadi 2-2. Namun Marcus Rashford dari Inggris gagal membawa timnya unggul.

Italia berbalik unggul 3-2 lewat tembakan Bernardeschi. Eksekutor keempat Inggris, Jadon Sancho gagal mencetak gol.

Italia membuang kesempatan juara setelah Jorginho selaku penendang Italia gagal mencetak gol. Inggris pun juga turut gagal setelah tembakan Bukayo Saka ditepis Gianluigi Donnarumma dan Gli Azzurri keluar sebagai juara Euro 2020 atau Piala Eropa tahun 2021 ini. (asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here