KKN UIN Walisongo Gelar Talk Show Pelajar Dalam Pengabdian Masyarakat

SIGIJATENG – Anggota Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) XII Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Talk Show yang bertema Peran Pelajar Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat.

Acara digelar Jum’at (07/08/21) mulai sekitar pukul 15.15 WIB melalui media live streaming instagram akun @albabbuistezz17.

Narasumber talk show ini yakni Ketua PC IPNU Kab. Demak Ahmad Zaki yang dimoderatori oleh M. Ulil Albab Maulida sebagai anggota Kelompok 31.

Latar belakang dibuat kegiatan ini, untuk menjalankan program kerja individu terkhusus disaat pandemi seperti ini dengan mengedepankan media online dan juga bisa diarsipkan menjadi video yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.

Selain itu, juga dipertimbangkan dengan kebutuhan dari situasi serta kondisi yang ada, serta sesuai dengan tujuan besar KKN pada umumnya yaitu mengabdi kepada masyarakat. Maka dari itu kegiatan ini mempunyai tujuan untuk melatih pelajar sejak dini dalam pengabdian kepada masyarakat, supaya besok ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, jika KKN seperti ini supaya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu sebagai bekal, bahkan nanti ketika sudah berkecimpung dalam masyarakat yang sebenarnya bisa bermanfaat bagi asyarakat dengan baik, tidak lupa bagi nusa, bangsa, serta agama.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, meskipun agak telat sedikit mulainya, namun tidak mengurangi esensi acara tersebut dan berjalan sebagaimana mestinya, para pemirsa menyimak dari rumah masing-masing.

Teknis kegiatan kali ini, yakni perkenalan dengan konsep interaktif saling menanggapi dari moderator yang menanyakan kepada narasumber dengan diselingi cerita biar tidak terlalu spaneng dan juga bisa interaktif. Dalam pembahasan, beberapa rangkuman pertanyaan disampaikan moderator lalu dijawab narasumber, setelah itu ditanggapi moderator dan saling imbal balik dengan narasumber sehingga pembahasan mengalir seterusnya per point pertanyaan-pertanyaan.

Tidak lupa pula penyimpulan hasil pembahasan dari moderator serta kata penutup dari narasumber sebagai penghujung acara.

“Dengan adanya kegiatan ini, semoga bisa bermanfaat serta menjadikan bekal para pelajar ketika KKN ataupun terjun di masyarakat nanti,” kata Albab selaku moderator sekaligus penyelenggara talk show ini.

“Kita harus bisa menjadikan pengabdian kita ini juga sebagai bentuk belajar, yang tidak jauh beda dengan status kita sebagai pelajar, karena belajar kenyataan seperti ini tidak akan bisa didapat di bangku sekolah,” kata Ahmad Zaki Narasumber Talk Show.

“Tetaplah belajar dimanapun berada, dan ketika tidak dimulai sekarang, kapan lagi, serta sampai kapanpun tanpa terbatas waktu,” tambah Ahmad Zaki. (uam/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini