Keren, Mahasiswa UPGRIS Ini Berhasil Temukan Sistem Keamanan Mobil di Rel Tanpa Palang Pintu

Arsha Raulnadi Trikusuma berfoto setelah diumumkan sebagai juara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UPGRIS 2021. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Temukan sistem keamanan perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Arsha Raulnadi Trikusuma terpilih sebagai mahasiswa berprestasi Universitas PGRI Semarang tahun 2021.

Terpilihnya Arsha karena karya ilmiah yang dibuatnya mendapat nilai tertinggi dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas tahun 2021 yang diadakan di Gedung Pusat UPGRIS lantai 2 pada Selasa (9/3/2021).

Karya Ilmiah Arsha yang berjudul “Perancangan Sistem Keamanan di Perlintasan Kereta Api tanpa Palang Pintu Menggunakan Lampu Peringatan Berbasis Sensor Getar” itu berhasil menyingkirkan 6 peserta lainnya yang tak lain perwakilan tiap fakultas.

Pemuda kelahiran 9 Juli 2000 ini terpilih setelah dinyatakan mengungguli peserta lain di bidang kemampuan presentasi, portofolio, kemampuan berbahasa Inggris, serta kualitas gagasan kreatif yang ia tulis.

Mahasiswa Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika itu mengatakan dirinya mendapat ide untuk gagasan kreatifnya itu berdasarkan pengalaman.

“Pernah pada suatu hari saat saya sedang menyetir, saya melintasi rel kereta api tanpa palang pintu. Di situ harus ekstra hati-hati dan fokus, kalau nggak mesin mobil bisa mati,” ucap pemuda putra dari bapak Sutopo dan ibu Kusmidah ini usai pengumuman juara.

Padahal menurut Arsha, akibatnya akan berbahaya jika mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api. Menurutnya ini salah satu penyebab sering terjadinya kecelakaan mobil di perlintasan kereta.

Gagasan ini lalu disampaikan ke dosennya, dan mendapat pendampingan secara serius oleh dosen yang turut mendampinginya, yaitu Dr. Mega Novita, Ph.D.

Karya mahasiswa semester 6 ini berhasil menarik perhatian juri, yaitu Dr. Arry Handayani, S. Psi., M. Psi., Dr. Wiyaka, M.Pd., dan Dr. Fenny Roshayanti, M. Pd.

Terpilihnya Arsha sebagai mahasiswa berprestasi tingkat kampus akan menjadi tiket baginya untuk bersaing di kancah LLDIKTI Wilayah VI, lalu setelah itu jika lolos barulah ke tahap nasional, yang akan diselenggarakan pada bulan April 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, SH, M. Hum, menegaskan bahwa pilmapres ini penting bagi lompatan karir mahasiswa. Baginya, banyak dosen-dosen bermutu berawal dari keikutsertaan mereka di pilmapres ini.

“Mahasiswa harus memanfaatkan peluang ini. Kesempatan yang terbatas ini harus diraih. Siapa tahu inilah salah satu jalan menuju kesuksesan di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs. Nizaruddin, M.Si. menyampaikan, kampus akan mendukung penuh agar Arsha bisa berkompetisi secara maksimal di gelaran Pilmapres 2021.

“Kampus akan mendukung keperluan Arsha, seperti penambahan dosen pendamping dan sebagainya,” ucap Nizar di penutupan acara tersebut. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini