Inilah Penampakan Perahu Wisata di Kedung Ombo Boyolali Yang Berujung Petaka

Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021). Foto: detikcom

Boyolali (Sigi Jateng) – Polisi memasang line police mengelilingi perahu wisata yang terbuat dari fiber putih. Perahu wisata pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali saat ini ditambatkan di pinggir waduk.

“Perahu kami taruh di sana (di pinggir waduk dan diberi garis polisi) untuk menjaga status quo. Makanya diamankan di tepi,” ujar Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond di lokasi kejadian seperti dikutip detikcom, Minggu (16/5/2021).

Perahu wisata yang terbuat dari fiber warna putih tersebutmemiliki ukuran panjang sekitar 6,5 meter dan lebar 1,5 meter. Di bagian dalam terdapat tiga baris tempat duduk. “Perahu ini memiliki kapasitas maksimal 14 orang, namun saat kejadian dinaiki 20 orang,” kata Morry.

Lebih lanjut Morry menyatakan, terkait kejadian ini pihaknya masih meminta keterangan sejumlah saksi. Ada tiga orang yang dimintai keterangannya, yaitu nahkoda perahu saat kejadian, pemilik perahu dan pemilik warung apung.

Seperti diketahui, atas tragedi perahu wisata yang mengangkut 20 orang wisatawan hingga berujung petaka dan menelan korban jiwa tersebut. Polisi mulai Minggu (16/5/2021) menutup obyek wisata Waduk Kedung Ombo di Boyolali.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar mengatakan atas insiden itu Kapolda sudah memerintahkan kepada pengelola pariwisata Waduk Kedung Ombo (WKO) untuk menutup lokasi wisata.

Hal itu dikarenakan temuan di lapangan bahwa banyak pengunjung tidak menerapkan prokes atau protokol kesehatan dan prosedur keselamatan. Lalu kapasitas pengunjung dan penumpang perahu juga melebihi kapasitas yang ditentukan.

 “Benar, Kapolda sudah memerintahkan tutup lokasi wisata Waduk Kedung Ombo mulai hari ini juga. Karena tidak mematuhi Prokes dan melanggar kapasitas pengunjung yang di tentukan,” ungkapnya kepada wartawan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu wisata bermuatan 20 orang terbalik di Waduk Kedungombo, Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Sabtu (15/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Sebanyak 11 orang berhasil diselamatkan dan sembilan orang tenggelam.

Perahu itu terbalik saat mengantarkan para penumpang menuju warung apung di tengah waduk. Ketika hendak sampai warung apung, banyak penumpang yang maju untuk foto selfie. Akibatnya perahu menjorok maju dan air mulai masuk. Perahu pun hilang keseimbangan dan akhirnya terbalik.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian telah menemukan tujuh korban yang semuanya dalam kondisi tewas. Hingga Minggu (16/5) siang ada dua korban yang masih dalam pencarian. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini