Disetujui, 8 Persen APBD Tahun 2022 Disiapkan untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menerima berita acara penetapan APBD tahun 2022 dari Ketua DPRD Kendal dalam rapat paripurna Jumat (26/11/ 2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Struktur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kendal Tahun Anggaran 2022 telah disetujui dan ditetapkan pada Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Perda APBD 2022 di Gedung DPRD Kendal, Jumat (26/11/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kendal akan menyiapkan 8% dari APBD Kendal tahun 2022 untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Setidaknya ada enam target capaian di APBD Kendal di tahun 2022 nanti. Pertama tentu pemulihan dan pertumbuhan ekonomi,” kata Bupati Dico M Ganinduto usai Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Perda APBD 2022 di Gedung DPRD Kendal, Jumat (26/11/2021).

Dalam hal ini, kata Dico, akan dilakukan penguatan UMKM dan pengembangan pariwisata untuk mendorong ekonomi kreatif (ekraf) serta pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan di Kendal. “Termasuk juga fokus pada penguatan pelayanan kesehatan dan infrastruktur pendukung yang optimal,” terang Dico.

“Selain itu peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang bersaing. Pengembangan infrastruktur yang mantap. Dan terakhir mengenai tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel dan partisipatif,” imbuhnya.

Berikut ini mengenai struktur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kendal Tahun Anggaran 2022 :

Pendapatan Daerah Rp2,414 triliun, Belanja Daerah Rp2,482 triliun dan Belanja modal Rp 239, 7 miliar. Ada Penerimaan Pembiayaan Rp 97,9 miliar. APBD Kendal juga mengalami defisit. Yakni sebesar minus Rp 67,5 milyar. Pembiayaan Netto Rp 67, 5 miliar.

“Meski begitu, harapan kita Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) tahun berkenaan bisa nol rupiah,” ungkap Dico.

Disampaikan Dico, mengenai saran dan pendapat serta semua koreksi yang menyangkut program dan kegiatan maupun volume, satuan dan angka pada Raperda APBD Kendal 2022 saat ini masih berkembang dalam rapat-rapat Badan Anggaran (Banggar).

“Kami akan perhatikan dan saya sesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kendal Bagus Bimo Alit mengapresiasi dengan penetapan yang sesuai dengan tepat waktu. “Alhmadulilah hari ini telah dilakukan penetapan bersama raperda ini. Kami snagat mengapresiasi atas kerja keras dari rekan-rekan anggota DPRD atas penetapan ini,” kata pria dari Fraksi Partai Golkar ini.

“Harapannya, semoga dengan penetapan ini pelaksanaan penyerapan anggaran bisa optimal dan dimanfaatkan dengan baik serta tepat administrasi. Terakit dengan anggaran yang sudah ditetapkan ada anggaran 8 persen untuk penanganan pemulihan ekonomi,” imbuh Bimo yang memiliki hobi olahraga ektrem sepeda motor trail ini. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here