Kiai Darodji Tegaskan Baznas Komitmen Dalam Pengentasan Kemiskinan di Jateng

Suasana dialog interaktif bertema peluang dan tantangan tahun 2020 dalam perspektif pemberdayaan ekonomi umat. ( Foto Istimewa )

SIGIJATENG.ID, Semarang – Program pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah yang dipelopori Gubernur Ganjar Pranowo SH MIP, bukan hanya tanggung jawab pemerintah provinsi semata, namun harus melibatkan semua pihak. Dalam misi ini, Baznas Jawa Tengah sebagai salah satu yang aktif di dalamnya.

“Jadi, misi mengentaskan kemiskinan harus misi bersama. Sesuai yang disampaikan Pak Gubernur, pengentasan kemiskinan harus dikeroyok bareng-bareng agar hasilnya cepat terlihat,” tegas Ketua Umum MUI Jawa Tengah sekaligus Ketua Baznas Jawa Tengah, Dr. KH. Ahmad Darodji, MSi dalam dialog interaktif “Ulama Menyapa”, Senin (6/1/2020).

Dialog di Studio TVKU yang disiarkan live menghadirkan narasumber lain Sekretaris, Komisi Fatwa MUI Jawa Tengah Dr KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA, host Myra Azzahra. Dialog tersebut merupakan program MUI Jawa Tengah digelar setiap Jumat, didukung TV Kampus Udinus (TVKU).

Kiai Darodji menegaskan, komitmen Baznas Jateng untuk pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah semakiin hari semakin besar. Antara lain sukses menyelenggarakan pelatihan pertukangan terhadap 1227 orang dengan bersertifikat, sehingga seluruh peserta dengan modal keterampilan dan sertifikat tersebut kini sudah bekerja bahkan sebagian besar direkrut di luar negeri, terutama di Thailand dan Arab Saudi.

Menurut Kiai Darodji, program pelatihan juga digencarkan untuk budidaya lele, jangkrik, ulat sutra, cukur rambut hingga home industri pembuatan aneka kue bagi ibu-ibu. Program produktif lainnya, Baznas membentuk Baznas Microfinance yang misinya memberi bantuan modal kepada UMKM yang kekurangan modal dengan cara pendampingan, juga dalam bentuk bantuan tanpa bunga dan tanpa agunan.
Sedikitnya sudah 400 orang yang diberdayakan. Di 2020 rencana dikembangkan untuk 600 orang, sehingga total menjadi 1.000 orang.

“Kita juga menyiapkan program bantuan untuk bencana alam, termasuk kepada para korban bencana banjir di Jabodetaabek saat ini. Kita sedang menyiapkan bantuan untuk mereka,” tegasnya.

Kiai Darodji melanjutkan, dari kerja keras untuk mengatasi kemiskinan yang di 2013 masih tinggi, 13 persen lebih, kini di akhir 2019 sudah berada di 10 persen. Di 2020 akan dioptimalkan lagi agar kemiskinan menurun menjadi 8 persen.

“Baznas punya peran cukup strategis dalam upaya menurunkan angka kemsikinan di Jawa Tengah,” tegasnya.

Kiai Darodji menggugah masyarakat untuk sadar zakat. Mengingat dari potensi Rp 270 triliun per tahun untuk angka nasional, realisasinya baru tercapai Rp 10 triliun. Bila kesadaran berzakat semakin tinggi maka semakin cepat pula kaum fakir miskin yang akan terentaskan dari semula penerima zakat menjadi pemberi zakat karena ekonominya sudah mapan.

Dr KH Fadlolan menegaskan, kinerja Baznas Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Kiai Darodji sungguh luar biasa. Khusus Baznas Jateng setiap tahun mampu mengumpulkan zakat Rp 50 miliar lebih, belum termasuk kabupaten dan kota. Diprediksi ke depan perolehan zakat dari provinsi ini semakin besar sehingga akan berkontribusi untuk mengentasan kemsikinan secara lebih signifikan.

Kiai Fadlolan menandaskan, peran ulama dalam upaya mengedukasi umat tertang pentingnya berzakat harus terus digelorakan. Mengingat mengentaskan kemiskinan sebenarnya bukan tanggung jawab pemerintah atau negara semata tetap sejatinya juga tanggung jawab individu umat islam lewat zakat. Pemerintah sebatas mengatur regulasinya lewat UU dan kebijakan.

Ditegaskan, ada lima pokok asasi hidup individu yakni perlindungan terhadap nyawa, keturunan, akal, harta, dan keamanan. “Maka carilah rezeki atau karunia Allah seluas-luasnya, namun jangan lupa melaksanakan kewajiban zakat serta anjuran infak dan sedekah sehingga hartanya akan berkah dan manfaat pula untuk umat,” katanya. (Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini