Kampung Pelangi Semarang Berbenah, Akan Bangun Tangga 999

Jembatan di gang lima kampung pelangi dari sentra pasar bunga yang akan segera dibangun tangga 999 menuju puncak kampung pelangi. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Seiring dengan visi pemerintah Kota Semarang yang akan membangun Kota Wisata, Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Berintik Kelurahan Rowosari Semarang Tengah akan berbenah kembali. Kampung yang berdekatan Pemakaman Umum Bergota itu akan melakukan perombakan besar-besaran mulai tahun 2021 mendatang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Pelangi, Selamet Widodo menjelaskan beberapa agenda yang akan dia lakukan dalam waktu dekat ini. Salah satunya ialah membuat tangga 999.

“Insya Allah nanti setelah covid-19 berlalu, kampung pelangi akan membuat tangga 999. Kami membuat tangga seperti ini dengan filosofi bahwa angka 9 adalah angka terbaik, harapannya kampung pelangi akan menjadi yang terbaik. Jadi suatu harapan dan cita-cita kita semua warga Kota Semarang agar kampung pelangi jadi tempat wisata terbaik,” ujarnya pada Jum’at (21/8/2020).

Berbarengan dengan pembangunan tangga 999, tentunya akan dilengkapi dengan pegangan pengamannya.

“Yang kedua kami akan membuat pegangan di setiap tangga di kampung pelangi. Letak geografis kampung pelangi ini kan pegunungan, tentu membutuhkan pengamanan berupa pegangan di setiap tangga,” imbuhnya.

Tak ketinggalan pula penataan jalan juga akan dilakukan. Jalan-jalan di kampung pelangi akan dilebarkan sekitar dua meter di setiap ruasnya.

“Ketiga, kami akan melebarkan jalan-jalan di kampung pelangi agar lebih memadai untuk para pengunjung yang berpariwisata di Kampung pelangi. Jalan-jalan tersebut akan jadi jalan stapak dengan lebar sekitar dua meter,” jelasnya.

Selain itu, setiap bangunan yang ada du Kampung Pelangi juga akan dicat ulang agar semakin menarik dilihat dari kejauhan.

“Keempat, kami akan mengecat ulang rumah-rumah dan bangunan yang ada di kampung pelangi,” jelasnya.

Selain penataan ruang, fasilitas-fasilitas umum yang ada di Kampung Pelangj juga akan ditingkatkan.

Baca Berita Lainnya

“Salah satu agenda kami kedepan adalah membuat cafe di gardu pandang. Selain itu kami juga mengusulkan kepada Pemkot untuk membenahi sistem drainase serta volume air agar lebih diperbanyak lagi mengingat untuk kebutuhan pariwisata,” tegasnya.

“Kami akan terus berjuang untuk membuat kampung pelangi ini menjadi ikon wisata Kota Semarang,” pungkasnya. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini