Tentara Ini Tangkap dan Amankan Dua Jambret dari Amukan Warga, Begini Ceritanya

Pelaku penjambretan yang sempat mendapar bogem mentah dari amukan warga, lalu diamankan diMapolsekta Batang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Foto : Istimewa)

SIGIJATENG.ID, Batang – Salah seorang anggota TNI Koramil 08/Wonotunggal Kodim 0736/Batang, Serma Wani (Batituud) berhasil menangkap dan mengamankan seorang tersangka penjabretan, Senin (8/4/2019). Tersangka baru saja beraksi di jalan Nganjir Desa Karanganyar Kecamatan Batang.

Jumlah tersangka dua orang, yaitu Sigit Hasto Wusono (37) warga Bandengan Pekalongan dan Rizal andika (29) warga Tirto, Pekalongan.

“Jadi pelaku ini ada dua orang. Satu pelaku berhasil saya tangkap sendiri, saat pelaku berlari dan sempat bersembunyi di balik kebun pohon pisang di belakang sebuah rumah salah seorang warga setempat. Sedangkan satu pelaku lainnya berhasil ditangkap oleh warga,” kata Serma Wani.

Dari informasi yang diperoleh, bermula kedua pelaku mengincar seorang korban yakni Muslikah (50), warga Lebo RT 4 RW 4 Kecamatan Warungasem yang tengah mengendarai sepeda onthel  selepas bekerja sebagai pembatik di Kota Pekalongan. 

Pelaku yang mengendarai sepeda motor honda Vario dan telah membuntuti korban dari belakang, lalu memepet korban dan dengan cepat merampas dan membawa kabur tas hitam milik korban yang diletakan di keranjang depan sepeda.

Sontak korban langsung teriak, minta tolong pada warga sekitar. Tapi sungguh nahas bagi kedua pelaku saat kabur membawa hasil rampasannya. Sebuah kendaaran mobil pick up yang melintas dari arah berlawanan langsung melintang ditengah jalan dan membuat kedua pelaku terhenti dan sempat tercebur ke dalam sawah. 

“Saat kejadian, kebetulan saya tidak jauh dari lokasi lalu menolong korban. Setelah itu langsung ikut mengejar pelaku. Salah satu pelaku berlari ke arah pemukiman menghindari kejaran fan amukan warga. Pelaku yakni Sigit Hasto Wusono berhasil saya tangkap, sedangkan pelaku lainnya juga berhasil diamankan warga, meski sempat mendapat bogem mentah,” terangnya. 

Pelaku yang berhasil ditangkapnya, lanjut Serma Wani, juga sempat mendapat bogem mentah dari amukan puluhan warga. Dengan sigap, dirinya kemudian mengamankan pelaku dan meredam emosi warga. 

“Menghindari amukan warga, pelaku yang berhasil saya tangkap ini sempat merangkul kaki saya, memohon agar dihindarkan dari amukan warga setempat yang sudah geram dengan ulah aksi kejahatan pelaku ini,” bebernya.  

Dikatakan, salah satu pelaku yang berhasil diamankan lalu dibawa ke Koramil terdekat yakni di Koramil 10/ Batang beserta barang bukti, berupa sepeda motor Vario hitam dengan Nomor Polisi G 5523 ZK dan tas milik korban yang berisi uang Rp 55 ribu rupiah. 

Selanjutnya pelaku yang sudah diamankan di Koramil 10, lanjut dia, kemudian diserahkan ke Mapolsek Batang Kota untuk dimintai keterangan guna mempertanggung jawabkan aksi tindak penjambretan yang dilakukannya tersebut.

“Kasus ini lalu saya serahkan kepada kepolisian untuk segera diproses atas aksi tindak kejahatan yang dilakukan oleh kedua pelaku,” pungkasnya. 

Hingga berita ini diturunkan, kasus tindak kejahatan tersebut masih dalam tahap penyelidikan oleh Polres Batang. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here