Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Kendal Tergenang Banjir

Sejumlah wilayah di kabupaten Kendal tergenang banjir akibat air sungai meluap, Kamis (4/4/2019).

SIGIJATENG.ID, Kendal –  Setidaknya tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Kendal tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Blorong dan sungai Kendal, Kamis (4/4) pagi. Ketiga wilayah itu yakni Kecamatan Kendal Kota, Kecamatan Brangsong, dan Kecamatan Ampel. 

Meluapnya air sungai disebabkan debit air yang tinggi sehingga tidak mampu menampung aliran sungai setelah hujan lebat sebelumnya. Seperti Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong yang tergenang luapan air sungai, dengan ketinggian air mencapai 10 cm hingga 40 sentimeter. 

Akibat banjir luapan air sungai, sejumlah ruas jalan dan beberapa fasilitas publik seperti sekolah dan puskesmas tergenang air, meski tidak sampai masuk ke dalam bangunan. 

Salah seorang warga Dusun Srogo Desa Sidorejo Kecamatan Brangsong, Kusaeni (56) mengatakan air sungai memasuki perkampungan dan menggenangi jalanan sekitar pagi dinihari. Hingga terjadi puncak luapan tertinggi sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi.

“Hujan yang terjadi di wilayah Kendal atas sejak sore hingga malam pagi dini hari, debit air menjadi meningkat. Air kiriman dari wilayah Kendal atas, disebabkan sungai meluap sehingga menggenangi perkampungan,” katanya. 


Diungkapkan, sejumlah pengendara kendaraan yang hendak melintasi di jalan Brangsong-Srogo pun terpaksa harus memutar arah menghindari genangan air disepanjang jalan.

“Banyak yang memutar melalui wilayah lain menghindari. Bahkan, ada juga yang nekat menerjang banjir hingga akhirnya mogok,” ungkapnya. 

Menanggapi kondisi itu, Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Kendal, Slamet mengatakan air sudah menggenai beberapa wilayah itu sejak pukul 03.30 WIB pagi tadi.

 “Banjir ini dikarenakan sungai tidak mampu menampung debit air. Bahkan ketinggian air berkisar 10 – 50 sentimeter,” jelasnya.  Dia menambahkan, selain wilayah di sekitar Sungai Blorong Kecamatan Brangsong. Wilayah lain juga tergenang luapan air seperti Ampel dan yang berada di sekitar Sungai Kendal. “Kelurahan Pegulon dan Petukangan Kendal kota juga tergenang air, meski tidak terlalu parah,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here