RSUD Soewondo Siapkan Ruang Khusus Perawatan Pasien Gangguan Jiwa

Kepala Humas RSUD Dr Soewondo, dr Mochamad Wibowo didampingi Kabid Pelayanan Keperawatan, Widiyo Ertanto menunjukkan persiapan ruang perawatan pasien kejiwaan, Selasa (26/2/2019) (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal –  Pertengahan bulan April 2019 nanti, Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo Kendal akan membuka ruang khusus perawatan bagi pasien gangguan jiwa.

Selain melayani pasien umum, dibukanya ruang ini juga untuk memberikan layanan perawatan bagi Calon Legeslatif (Caleg) yang mengalami gangguan jiwa usai Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang. 

Kabid Pelayanan Keperawatan, Widiyo Ertanto mengatakan jumlah masyarakat di Kabupaten Kendal yang mengalami gangguan jiwa cukup banyak. Menurutnya dalam sehari terdapat 15 – 20 pasien kejiwaan yang datang untuk berobat di Poli Kejiwaan.

“Tiap tahun jumlah pasien kejiwaan mengalami kenaikan. Latar belakang gangguan kejiiwaan mereka beraneka ragam. Diantaranya permasalahan, ekonomi, keluarga, hingga kalah dalam politik,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Humas RSUD Dr Soewondo, dr Mochamad Wibowo menyampaikan meski ruang tersebut ditujukan untuk masyarakat umum. Tidak dipungkiri jika dibukanya ruang perawatan ini akan memudahkan pasien yang mengalami gangguan jiwa bisa mendapatkan perawatan, terlebih para caleg yang kalah dalam Pemilu.

“Selama ini para pasien kejiwaan datang ke poli kejiwaan kami untuk sekadar berobat saja, sedangkan untuk rawat inap dan perawatan khusus harus dirujuk ke Semarang,” ungkap Wibowo saat menunjukkan persiapan ruang perawatan pasien kejiwaan, Selasa (26/2).

Dia menambahkan saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) seperti perawat, dokter hingga petugas keamaan tengah menjalani di rumah sakit lain yang mempunyai ruang perawatan kejiwaan sehingga saat pelayanan dibuka para SDM sudah siap untuk memberikan pelayanan.

“Sementara ruangan perawatan kami sedang finishing, selesai pada bulan April. Selanjutnya akan langsung segera diresmikan untuk dapat langsung melayani perawatan,” imbuhnya. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini