Ratusan Siswa SMP/MTs di Pekalongan Beradu Wawasan Kebangsaan dalam LCC

Pelajar SMP dan MTs di Kota Pekalongan peserta Lomba Cerdas Cermas (LCC) Wawasan Kebangsaan di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Senin (11/3/2019).

SIGIJATENG.ID, Pekalongan – Tumbuhkan jiwa nasionalisme, siswa-siswi dari 37 tingkat SMP beradu dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Senin (11/3/2019).

LCC yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan itu guna meningkatkan wawasan kebangsaan dan bernegara terutama pada anak-anak generasi penerus bangsa.

Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgies Diab mengatakan pesatnya perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks serta pengaruh globalisasi berdampak pada perubahan di seluruh aspek kehidupan masyarakat, dirasa mengalami penurunan.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi suatu langkah untuk mensosialisasikan dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, lomba ini tidak hanya sebagai acara ceremonial saja, tetapi memberikan manfaat yang luar biasa bagi generasi muda,” kata dia. 

Menurutnya, kegiatan LCC ini memberi manfaat besar sehingga pengetahuan mereka bertambah mengenai pentingnya wawasan kebangsaan, serta bisa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta.

“Setelah wawasan mereka bertambah, mereka dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujud NKRI yang utuh,” tutur Balgies.

Sementara, Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Mohamad Ainur Rofieq menyampaikan LCC Wawasan Kebangsaan tingkat SMP ini setidaknya diikuti sejumlah 111 peserta dengan masing-masing sekolah mengirim 3 delegasi.

“Yang mengikuti dari 37 SMP baik negeri maupun swasta di Kota Pekalongan. Setiap SMP mengirimkan 3 delegasi jadi total peserta ada 111 siswa yang memperebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, Harapan 1, dan Harapan 2,” terangnya. 

Dirinya berharap, para siswa dapat memahami pentingnya wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan serta pilar-pilar kebangsaan bagi generasi muda.

“Sangat penting bagi para siswa untuk memahami wawasan kebangsaan. Selain itu perlunya persatuan dan kesatuan, pemantapan pilar-pilar kebangsaan bagi generasi muda,” pungkasnya. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini