Menuju 500 Besar World University Rank, Yos : Harus Ada Perbaikan

caption: Prof. Yos Johan Utama

SIGIJATENG.ID Semarang –  Bakal  calon Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan, prestasi yang dimiliki Undip saat ini tidak lepas dari kerja keras seluruh lapisan pejabat struktural maupun fungsional.  Dimana Undip menduduki peringkat 5 besar universitas terbaik di Indonesia yang sebelumnya ada di bawah kelompok 10 besar.

Hal tersebut disampaikannya dalam Kegiatan paparan bakal calon Rektor dengan tajuk  “Undip Menuju 500 Besar World University Rank’’ dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Civitas Akademica Undip, Staf Ahli Kemenristekdikti, dan alumni, Selasa (15/1/2019)

Yos menambahkan, dalam mencapai 500 besar ranking dunia, harus memperbaiki semua regulasi di seluruh aspek. Meliputi SDM, sarana dan prasarana, sistem keuangan, tata kelola birokrasi, sistem informasi, hilirisasi hasil riset, dan penambahan jumlah doktor serta profesor. Selain itu juga peningkatan dan peremajaan alat-alat laboratorium yang sudah usang.

 “Tantangan kedepan tentunya makin berat, namun kami terus akan meningkatkan prestasi publikasi ilmiah sejalan dengan tuntutan universitas riset, baik prestasi di internal undip maupun prestasi untuk pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya menekankan beberapa program antara lain Undip harus mimiliki karakter yang mandiri dan mumpuni dalam segala aspek pendidikan. Selain diatas Prof Yos juga menyampaikan akan percepatan program doktor dan guru besar.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Bambang Pramudono menyampaikan  bahwa sejak Undip menyandang status PTNBH, kegiatan pemilihan Rektor dilakukan oleh  MWA, dan paparan bakal calon Rektor merupakan rangkaian dari kegiatan ini.

“Jadi paparan bakal calon rector ini merupakan rangkaian dari kegiatan pemilihan rektor yang telah dilaksanakan sejak oktober 2018, atau 5 bulan sebelum berakhir masa jabatan rektor. Tujuan dari penyelenggaraan pilrek ini adalah mencari calon rektor yang terbaik bagi undip sebagaiworld class university” tutupnya. (Dian/Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here