Mahasiswa KKN Undip Adakan Sosialiasi K3 Rumah Tangga

Tim KKN Undip Desa Babalan Kidul Pekalongan

SIGIJATENG.ID, Pekalongan- TIM I KKN UNDIP 2019 Desa Babalan Kidul Pekalongan mengadakan suatu sosiaslisasi mengenai “K3 Rumah Tangga”. Acara tersebut diadakan di salah satu rumah warga  yang dihadiri oleh 39 orang, pada Sabtu (2/2/2019). Edukasi mengenai K3 Rumah Tangga tersebut dilakukan agar ibu-ibu rumah tangga mengetahui bagaimana cara menerapkan K3 dalam rumah tangga khususnya pada saat melakukan pekerjaan rumah tangga dan bagaimana penataan peralatan dalam rumah tangga sehingga terhindar dari bahaya dan risiko yang menyebabkan kecelakaan dan cidera pada anggota keluarga.

Rizanty Arin, salah satu mahasiswa KKN Undip di Desa Babalan Kidul mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan bersamaan dengan pengajian ibu-ibu Desa Babalan Kidul yang diadakan setiap minggu. Sosialisasi dilakukan setelah pengajian selesai dilakukan.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan kemudian penyampaian materi mengenai pentingnya K3 dalam Rumah Tangga, bahaya dan risiko pekerjaan rumah tangga, dan pencegahan/cara penerapan K3 dalam Rumah Tangga, kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab/diskusi.

‘’Ibu-ibu yang dekat dengan pekerjaan rumah pun penting untuk mengerti bagaimana standar kesehatan dan keselamatan kerja tersebut, bukan hanya kerja yang di proyek saja. Harapannya dari kegiatan ini ibu-ibu dapat menyadari pentingnya K3 Rumah Tangga dan menerapkannya pada kegiatan sehari-hari dalam pekerjaan rumah tangga,’’ kata Rizanty Arin.

Antusias dari ibu-ibu terlihat dari cara memperhatikan materi yang disampaikan kemudian adanya beberapa pertanyaan dari ibu-ibu yang hadir. Kemudian ada salah satu ibu yang berbagi pengalaman yang berkaitan dengan K3 dalam Rumah Tangga. (*)

Naskah Berita dan Foto  : Tim KKN Undip Desa Babalan Kidul

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here