Luar Biasa, Deklarasi Pemilu Damai Pemuda Pancasila Cilacap Diikuti 20 Ribu Orang

Deklarasi Pemilu Damai yang digelar MPC Pemuda Pancasila Cilacap diikuti 20 ribu orang dari berbagai elemen masyarakat, Minggu (7/4/2019)

SIGIJATENG.ID, Cilacap – Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Cilacap Edi Santosa mengajak kepada semua anggota Pemuda Pancasila di Kabupaten Cilacap untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan 17 April mendatang. Pemilu adalah hajatan nasional bangsa ini yang harus didukung oleh semua warga Indonesia dan dilaksanakan dengan baik.

“Kepada anggota Pemuda Pancasila jangan sampai golput. Gunakan hak pilih. Datang ke TPS. Dan silahkan pilih dan dukung calon yang disukai. Sikap Pemuda Pancasila adalah netral,” kata Edi Santosa disela-sela Deklarasi Pemilu Damai Pemuda Pancasila  bertema “Mari Ciptakan  Pemilu 2019 yang Aman, Sejak dan Damai di lapangan Eks Batalyon Cilacap, Minggu (7/4/2019) pagi.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah H Bambang Eko Purnomo saat melepas peserta jalan sehat.

Edi Santosa menambahkan, acara deklarasi pemilu damai ini dilakukan sebagai wujud partisipasi Pemuda Pancasila sebagai salah satu ormas di negeri ini, dan sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga negara dalam mensukseskan hajatan nasional bangsa ini. Hajatan rutin lima tahunan ini harus terlaksana dengan baik tanpa ada keributan dan kerusuhan. “Namun yang pasti, kita harus tetap cool, calm dan confident,”  tegasnya.

Sementara, Ketua Penyelenggara Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Sarwo  Mumpuni mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen bersama. Tujuan utamanya, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Cilacap untuk mensukseskan pilpres dan pileg Kabupaten Cilacap 2019.

“Kami mengimbau kepada semua warga yang sudah mempunyai hak pilih ,agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihannya masing masing,” katanya.

Sarwo mumpuni menambahkan, acara ini juga sekaligus menandaskan bahwa Pemuda Pancasila ambil peran sebagai pemersatu di Cilacap. Deklarasi ini adalah sebagai upaya menciptakan situasi aman, damai, dan seju menjelang Pileg dan Pilpres 2019.  MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Cilacap bersama dengan semua komponen masyarakat Cilacap berkomitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar tahun 1945.

“Karena berbeda pilihan saat coblosan bisa memicu adanya konflik yang bisa berujung dengan perpecahan. Pemuda Pancasila tidak ingin hal itu terjadi. Kita ingin NKRI ini, khususnya Kabupaten Cilacap tetap aman, dama,  dan bersatu,” kata Sarwo Mumpuni yang juga Wakil Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Cilacap ini.

Peserta Jalan Santai Deklarasi Pemilu Damai Pemuda Pancasila Cilacap, Minggu (7/4/2019)

Selaku ketua panitia penyelenggara, Sarwo mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Ketua MPC Pemuda Pancasila Cilacap Edi Santoso yang telah begitu banyak menyumbangkan baik moril maupun materiil, sehingga kami selaku panitia tidak bersusah payah untuk mencari donatur .

Acara Deklarasi Pemilu Damai tersebut memang berlangsung luar biasa. Lancar dari awal sampai akhir. Acara diawali dengan kegiatan jalan sehat tersebut dengan peserta anggota Pemuda Pancasila dan masyarakat umum hingga mencapai 20 ribu orang. Peserta dengan antusias mengikuti acara dari awal hingga selesai. Apalagi, semua peserta juga kompak dan bersepakat untuk melaksanakan Pemilu 2019 ini dengan damai.

Hadir pada acara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila H Bambang Eko Purnomo SE, Wakil Ketua DPW Srikandi Jawa Tengah Hj Fathiyah Vera Himawati, Wakil ketua MPW PP Jateng Slamet Supriyadi, Komandan Koti Jateng Bayu Prasetya, sejumlah Kabid MPW Pemuda Pancasila Jateng yakni Wili Sigar Laki, Maya Sopha Danti, Ning Lutfi, Budi Kiatno, Ketua
 BPPH PP Jawa Tengah Dwi Nuryanto Ahmad, Sekretaris BPK MPW Jateng Joko JP, Wakil Sekretaris MPW PP Jateng Yudi Supriatno, Ketua MPC Pekalongan Budi Bujel dan lain-lain.

Panitia menyediakan berbagai macam dooprize menarik, diantaranya 6 paket ibadah umrah, 5 unit sepeda motor, 10 sepeda gunung dan ratusan hadiah menarik lainnya. Acara tersebut dikalkulasi menghabiskan dana hingga Rp 1 Miliar, dan semuanya didanai sendiri oleh Ketua MPC Kabupaten Cilacap, Edi Santosa.

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah H Bambang Eko Purnomo mengeapresiasi kegiatan ini. Apalagi, acara ini berlangsung lancar, tertib dan damai dengan peserta hingga 20 ribu orang dari berbagai elemen masyarakat. Dan sekaligus dari acara itu, memunculkan komitmen bersama, Pemuda Pancasila bersama dengan elemen masyarakat di Kabupaten Cilacap sepakat untuk melaksanakan Pilpres dan PIleg tanggal 17 April mendatang dengan aman, sejuak dan damai.

“Pemuda Pancasila sebagai salah satu organisasi berbasis massa, akan terus eksis untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara. Kita tidak ingin, hanya karena pemilu, malah NKRI ini pecah,” terang Bambang Eko, yang juga anggota DPRD Jateng ini.

Bambang Eko menegaskan, bahwa Pemuda Pancasila netral pada pemilu 2019. Pemuda Pancasila membebaskan anggotanya untuk bergabung di partai-partai atau tidak bergabung dengan partai yang ada. Anggota Pemuda Pancasila juga banyak ada yang bergabung di dua kubu Capres yang ada.

Apalagi, selama ini memang anggota pemuda Pancasila adalah heterogen. Angota pemuda Pancasila tersebar di banyak partai politik dan di dua kubu capres yang ada. “Kami tegaskan Pemuda Pancasila netral. Pemuda Pancasila tidak dimana-mana tapi ada dimana-mana,” katanya.

Bambang Eko berharap agar semua anggota Pemuda Pancasila bisa seperti gula pasir dalam berbagai aspek kehidupan. Yakni, utamanya ketika air dan minyak tidak bisa bersatu. Ketika ada dua kubu yang tidak bisa bersatu dan tidak ada titik temu.

“Ketika air dan minyak tidak bisa bersatu, kita menjadi gulanya. Kita yang akan menyatukan keduanya,” terang Bambang Eko Purnomo,

Sedangkan Wakil Ketua DPW Srikandi Jawa Tengah Hj Fathiyah Vera Himawati mengatakan, deklarasi Pemilu Damai di Cilacap ini menjadi satu-satunya deklarasi yang dilakukan Pemuda Pancasila yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.  Pemuda Pancasila memang terus berkomitmen  untuk lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negera diatas kepentinan pribadi dan golongan.

“Jika ingin melihat  Indonesia mini, ya  di Pemuda Pancasila Jateng,” katanya. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here