Lestari Moerdijat Akan Usulkan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Lestari Moerdijat saat berdiskusi dengan pengurus makam Ratu Kalinyamat dan tokoh warga setempat, Selasa (26/2/2019)

SIGIJATENG.ID, Jepara- Lestari Moerdijat akan mengusulkan Ratu Kalinyamat, tokoh wanita Jepara sebagai pahlawan nasional Indonesia. Hal itu disampaikan Lestari Moerdijat saat berziarah atau berkunjung ke Makam Ratu Kalinyamat di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Selasa (26/2/2019).

“Kami, melalui Yayasan Dharma Bakti Lestari akan mendorong dan mengusulkan agar Ratu Kalinyamat bisa dijadikan sebagai pahlawan nasional Indonesia,” kata Lestari Moerdijat, sebagaimana dalam rilisnya ke redaksi sigijateng.id, Selasa (26/2/2019).

Kunjungan caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng tesebut dilakukan dalam rangka untuk ziarah dan mengenang kembali akan ketokohan Ratu Kalinyamat. Dia adalah seorang wanita Jepara yang telah melampaui zamannya dengan menjadi ahli dalam bidang politik, ekonomi dan militer, tiga hal yang sama sekali jauh dari gambaran perempua Jawa saat itu.

“Dia adalah tokoh perempuan yang luar biasa. Kita harus bisa belajar dan meniru beliau,” kata Lestari Moerdijat.

Dalam kunjungan ini, Lestari Moerdijat didampingi oleh Connie Rahakundini Bakrie, seorang pengamat militer wanita Indonesia yang sangat tertarik dalam mempelajari jejak kejayaan maritim Indonesia, terutama mengenai prestasi Ratu Kalinyamat dalam melawan penjajah portugis melalui kekuatan maritim. Ikut datang pula anggota DPRD Kabupaten Jepara Nur Hidayat.

Dalam kunjungan ini, rombongan Lestari Moerdijat sempat melakukan pertemuan dan diskusi dengan juru kunci, segenap pengurus yayasan pengelola kawasan makam Kalinyamat dan millenial penggiat sejarah Jepara yang bergabung dalam yayasan Lembayung. Pada kesempatan itu, sempat disampaikan pula tentang tindak lanjut dari niatnya mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

 “Dalam rangka proses mengusulkan hal tersebut (mengusulkan Ratu Kalinyamat jadi Pahlawan Nasional.red) sangat dibutuhkan kerjasama yang berkesinambungan antara masyarakat, pemerintah daerah dan para penggiat sejarah agar proses pengajuan bisa disetujui pemerintah pusat,” kata Lestari Moerdijat. 

Pengurus yayasan menyambut baik ide Lestari Moerdijat tersebut. K.H Ali sebagai pengurus berharap agar apa yang diinginkan tersebut segera bisa terwujud.

“Semoga keinginan dan usaha Ibu Lestari Moerdijat untuk mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional bisa segera terwujud. Kami sebagai pengurus yayasan siap membantu total dan bersedia untuk menyediakan semua bukti yang diperlukan dalam pengajuan tersebut,” kata KH Ali.

Kegiatan diakhiri dengan ziarah dan doa bersama di depan Makam Ratu Kalinyamat. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini