Kodim 0736 Batang Terus Tekankan Netralitas TNI Hadapi Pemilu

Kodim 0736 Batang melakukan penekanan terhadap seluruh anggota TNI dengan pembinaan yang dilaksanakan di aula Makodim Batang, Senin (18/3/2019). ( foto dok)

SIGIJATENG.ID, Batang – Wujudkan profesionalisme TNI, Danrem 071 Wijaya Kusuma tak henti menekankan pada seluruh anggotanya untuk bersikap netral di Pemilu 2019. 

Melalui sikap itu, Kodim 0736 Batang melakukan penekanan terhadap seluruh anggota TNI dengan pembinaan yang dilaksanakan di aula Makodim Batang, Senin (18/3/2019).

Sikap tersebut guna mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu melalui pembinaan netralitas TNI seperti yang tercantum dalam UUD Nomor 34 tahun 2004. 

“Kita harus loyalitas, baik ke atas maupun ke bawah. Khususnya dalam menghadapi Pemilu baik Pileg maupun Pilpres harus tegak lurus serta loyal,” tegas Dandim 0736 Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu.

Dandim menyampaikan bahwa perkembangan politik saat ini TNI harus netral dan tidak berpihak ke kiri maupun ke kanan. Perlu diketahui, informasi berita hoax telah tercantum di UUD RI No 19 Tahun 2016 tentang IT pasal 45 a Ayat 2. 

Yakni larangan bagi anggota TNI yang antara lain tidak boleh menjadi anggota KPU, panwaslu, menjadi anggota PPk/PPS. Terlebih tidak boleh ikut campur sebagai team sukses serta tidak boleh mobilisir kadidat tertentu.

“Dengan cara membatasi diri, kita tidak ikut kegiatan apapun mengenai pemilu. Koordinasi dengan pemerintah daerah agar tahu dan paham tentang pemilu, jaga netralitas TNI,” tandas Dandim. 

Dalam pembinaan netralitas TNI tersebut turut hadir serta Kasdim Batang, perwira staf, Danramil jajaran Kodim Batang, Ketua Persit Candra Kirana Cabang XXIV Batang Meliana siahaan, anggota Kodim Koramil, serta PNS kodim Batang. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini