Kodim 0736/Batang Asah Kemampuan Teritorial 130 Anggota

Kodim 0736/Batang melaksanakan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan I bagi anggota TNI di Aula Makodim, Senin (25/02/2019). (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Batang – Sebanyak 130 personil TNI Kodim 0736/Batang mengikuti Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan I yang di gelar di Aula Makodim setempat, Senin (25/02/2019). 

Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji mengatakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial ini sangat penting bagi anggota TNI. 

“Tujuannya agar anggota TNI memahami tugas pokok dan fungsinya. Terlebih bagi Danramil maupun Bintara Pembina Desa (Babinsa),” katanya.  

Menurutnya, Babinsa saat ini merupakan kekuatan garda terdepan yang siap melaksanakan tugas kewilayahan bagi TNI-AD. 

“Untuk itu Babinsa wajib meningkatkan kesiapan kewilayahan berbekal kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang pada saat ini,” tutur Mayor Inf. Raji. 

Sementara itu, Pasiter Kodim 0736/Batang Kapten Inf. Supirno yang diwakili Kapten Inf Agung Budiyono menyampaikan bahwa anggota TNI wajib mengerti dan memahami Lima Kemampuan Dasar Teritorial. 

“Diantaranya kemampuan temu cepat atau lapor cepat, kemampuan managemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial,” terangnya. 

Danramil 13/Banyuputih Kapten Arm. Rasmono menambahkan sebagai anggota TNI yang hidup di tengah-tengah lingkungan masyarakat harus mampu berkomunikasi dengan berbagai elemen di masyarakat. 

“Biasakan diri untuk saling tegur, senyum, sapa, ringan tangan dan bersedia membantu masyarakat. Terlebih aktif dalam kegiatan masyarakat seperti keagamaan. Insyaallah hubungan kita dengan masyarakat akan terjalin dengan baik,” imbuhnya.(Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here