Kesbangpol Kendal Minta Warga Tetap Rukun Meski Beda Pilihan

Kantor Kesbangpol Kab. Kendal memberikan pendidikan politik bagi masyarakat dan tingkatkan partisipasi pemilihan, Selasa (6/4/2019). ( foto dye sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kendal menggelar pendidikan politik untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam menghadapi Pemilu umum serentak tahun 2019 di wilayah Kabupaten Kendal.   Dalam kegiatan ini, Kesbangpol melibatkan Bawaslu dan KPU Kendal.

Kepala Kantor Kesbangpol Kendal, Marwoto, SE melalui Kasi Bina Politik dan hubungan antar lembaga Ardi Lukfyarso mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban penyelenggaraan Pemilu,  pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitasi sesuai dengan ketentuan Pasal 434 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

“Jadi kegiatan ini memberikan pemahaman pada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran partisipasi dalam menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan secara serentak,” katanya, Selasa (9/4/2019). 

Dia menyampaikan, meski berbeda pilihan namun kerukunan dan kedamaian tetap terjaga. “Mari gunakan hak pilihnya masing-masing sesuai dengan hati nurani. Jangan sampai karena pilihan berbeda menjadikan perselisihan,” terangnya. 

Sementara itu, Camat Bambang Djoko Pitono mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu dukungan pemerintah daerah sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Harapannya pelaksanaan pemilu berjalan kondusif, aman, dmaai dan lancar. Peran masyarakat sangat menentukan dalam menentukan kedaulatan bangsa. “Kami berharap ada peningkatan secara signifikan yang fluktuatif peran partisipasi warga dalam memberikan hak pilihnya pada pemilu serentak nanti,” harapnya. 

Senada disampaikan Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardani jika pelaksanaan sosialiasi terhadap tata aturan Pemilu ini dinilai sangat penting demi tegaknya demokrasi. Diharapkan setiap individu bisa mengenal dan memahami nilai-nilai ideal yang terkandung dalam sistem politik yang sedang diterapkan.

“Mari kita berpartisipasi mensukseskan Pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilih dengan benar dan tepat serta awasi pelaksanannya agar terwujud pesta demokrasi yang beradab dan memunculkan pemimpin yang benar benar menjadi panutan rakyat,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here