Jelang Imlek, Pasokan Bawal Putih Turun Harga Melambung

SIGIJATENG.ID Semarang – Sejumlah Komoditas yang banyak dicari menjelang perayaan Imlek diakui pedagang mulai mengalami kelangkaan. Komoditas tersebut kerap menjadi pilihan etnis tionghoa dalam perayaan Imlek.

Nuryanti, salah satu pedagang ikan Pasar Gang Baru Semarang mengatakan, pasokan ikan bawal putih, ikan kakap merah dan udang bago atau dikenal dengan udang krosok mulai langka. Sudah empat hari ini pemasok tidak memasok lagi komoditi tersebut.

Dia menyatakan, dengan kelangkaan komoditi itu membuat melejit harga jualnya. Kondisi itu membuatnya khawatir dan berdampak pada penghasilannya dikhawatirkan merosot saat momentum Imlek tahun ini.
“Harganya sudah sekitar Rp 130 ribu. Naiknya Rp 10 ribu dari kondisi normal. Tapi kalau tiga hari menjelang Imlek bisa naik lagi sampai Rp 200 ribu per kilogram,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Sementara itu, pedagang lainya, Sanipah juga membenarkan adanya kelangkaan dari komoditi tersebut. Kelangkaan pasokan membuat harga bawal putih melambung tinggi. 

“Harga bawal putih saat ini naik sampai Rp 160 ribu per kilogram dibanding kondisi normal masih berkisar Rp 130 ribu per kilogram,” imbuhnya.
Ia juga menuturkan, sudah empat hari tidak dapat kiriman lagi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya nelayan yang tidak melaut karena cuaca yang tidak mendukung.”Banyak nelayan takut melaut. Kalau pas Imlek tahun kemarin masih ada bawal putih,” tukasnya. (DIAN/ARIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here