Hendi; Sekolah Swasta Gratis Akan Diterapkan Tahun 2020

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

SIGIJATENG.ID, Semarang – Program pembangunan pendidikan menjadi salah satu prioritas yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang. 

Mulai dari program pendidikan SD dan SMP Gratis, pembangunan fisik fasilitas pendidikan, hingga peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik di Kota Semarang, menjadi bagian dari program pembangunan pendidikan yang diupayakan.

Tak hanya itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun berkomitmen untuk dapat memulai program sekolah swasta grastis sesegera mungkin di Kota Semarang. 

Melalui program tersebut diharapkan angka putus sekolah di Kota Semarang dapat semakin ditekan dengan memperbanyak sekolah gratis.
“Saat ini kami telah sampai pada tahap menawarkan kepada sekolah – sekolah di Kota Semarang untuk dapat ikut terlibat dalam program tersebut. Ada beberapa yang menolak, tapi semuanya akan kami inventaris dulu,” ujar pria yang akrab disapa Hendi ini.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menyakinkan jika program sekolah swasta gratis di Kota Semarang ditargetkan mulai berjalan di tahun ajaran baru tahun 2020. 
“Ada SD dan SMP swasta di Kota Semarang yang sudah setuju untuk digratiskan, kami upayakan di 2020 berjalan,” terangnya.

Sebagai Informasi, Badan Pusat Statistik mencatat pada tahun 2015 angka putus sekolah di Kota Semarang pada jenjang SMP termasuk cukup tinggi, sebesar 18,42%. Penurunan drastis terjadi terhadap angka putus sekolah di Kota Semarang pada jenjang SMP di tahun 2017, dimana menurun drastis menjadi 6,81%.

Angka putus sekolah anak SMP di Kota Semarang itu bahkan menjadi lebih rendah dibandingkan Kota Surakarta yang justru meningkat menjadi 13,97 %, atau Klaten yang sebesar 14,64%, Boyolali 23,13%, Jepara 33,04%, Batang 36,84%, juga Wonosobo yang ada di angka 38,43%. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here