Gandeng Unnes, Lapas Kelas I Semarang Gelar Bimbingan Konseling Bagi WBP

foto : Kegiatan konseling kelompok bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

SIGIJATENG.ID, Semarang –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar konseling kelompok bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dengan menggandeng Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Tujuan konseling kelompok adalah membantu klien mencapai pengenalan diri, kepuasan serta tanggung jawab pribadi yaitu kesejahteraan lahir dan batin, pengembangan pribadi, dan pemecahan masalah pribadi yang dialami oleh anggota kelompok.

Pelaksana Harian Kepala Lapas Semarang, Akhmad Herriansyah, berharap kegiatan konseling kelompok ini memberikan dampak yang baik bagi kegiatan monitoring pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Semarang.

“Apalagi tujuan dari konseling kelompok ini adalah mendapatkan kasus dari WBP untuk dievaluasi kepribadian dan diberikan intervensi psikologi yang sesuai dengan keluhan atau permasalahannya,” ujarnya, belum lama ini. 

Herri menilai kondisi di Lapas sangat rentan akan adanya gangguan keamanan dan ketertiban. Apalagi Lapas Semarang sudah over kapasitas dengan berbagai potensi masalah dan gangguan psikologis yang berasal dari tekanan yang diterima dan lingkungan yang tidak biasa dihadapinya.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari stakeholder dan pelbagai bidang kajian ilmu pendidikan guna meningkatkan kreativitas dan penanganan masalah yang ada di lapas demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” imbuhnya.
“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat berkesinambungan dengan peserta yang lebih banyak lagi karena dapat memberikan dampak yang baik untuk pembinaan kepribadian WBP Lapas Semarang,” tambahnya.

Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, Ari Tris Ochtia Sari, mengapresiasi para mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik dan selama melaksanakan kegiatan ini dapat menjaga keamanan dan fokus pada materi yang dibutuhkan.

“Kegiatan implementasi dari program magang Mahasiswa Bimbingan Konseling Unnes yang telah dilaksanakan sejak awal bulan Maret dan berakhir hinga akhir April nanti,” tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here