Gandeng Tanoto Foundation, Disdikbud Kendal Kembangkan Inovasi Pembelajaran

Peserta Program Pintar serius ikuti pelatihan pengembangan peningkatan kualitas pembelajaran, Senin (11/2/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Tingkatkan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal bersama Tanoto Foundation melakukan percepatan pemerataan program pendidikan melalui Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (Pintar).


Agar program Pintar terwujud, yakni dengan melatih para fasilitator (Kepala Sekolah, Red) untuk melakukan Diseminasi Praktik Baik Program Pintar, Manajemen Sekolah dan Peran Serta Masyarakat dalam pendidikan. Mereka adalah 38 kepala sekolah dari perwakilan 14 gugus pendidikan di tiap-tiap kecamatan.

Kepala Disdikbud Kabupaten Kendal, Agus Rifai mengatakan pelatihan dari Fasilitator ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan melalui Program Pintar untuk segera diterapkan di sekolah di seluruh Kabupaten Kendal.

“Harapannya melalui pelaksanaan program ini bisa mendorong komponen pendidikan untuk menciptakan kualitas pendidikan yang baik. Sebagai contoh kepala sekolah harus memiliki inisaitif dalam mencari dan mengembangkan potensi sekolah,” jelasnya, Senin (11/2/2019).

Agus menyampaikan program ini bisa memunculkan cara penyelesaian dan solusi atas permasalahan yang terjadi ditiap sekolah, sehingga jika ada kendala bisa teratasi. 

Yenny Efisari, Government and Liaison (GL) Program Pintar dari Tanoto Foundation, menerangkan Program Pintar ini lebih fokus dalam menguatkan tiga poin utama di dunia pendidikan sekolah yaitu manajemen sekolah, pembelajaran aktif, dan penguatan budaya baca.



“Program Pintar ini memiliki indikator yang selaras dengan program pemerintahan yakni peningkatan kualitas pendidikan. Tiap indikator telah dirinci secara jelas, sehingga sekolah lebih mudah untuk mencapai target mutu pendidikan berkualitas,” terangnya.(dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here