Asyik, Tanggal 15 Maret Stasiun Batang Diaktifkan Lagi

Kepala Humas PT KAI Daop IV Semarang Krisbiantoro

SIGIJATENG.ID, Semarang – Kabar menggembirakan bagi warga Batang dan sekiatrnya yang suka menggunakan kerata api. Karena, stasiun Batang yang selama ini tidak aktif, tidak berfungsi karena hanya dilewati kereta api saja, rencananya mulai 15 Maret 2019 besok, akan aktif lagi. Artinya, akan ada kereta api yang berhenti di stasiun itu, untuk naik dan turunnya penumpang.

Direncanakan akan ada 6 perjalanan KA setiap harinya yang berhenti di stasiun Batang. Yakni KA Kaligung pagi, baik dari Tegal maupun dari Semarang. Kemudian KA Kaligung yang sore. Kemudian KA Menoreh, dari Semarang dan dari arah Pasar Senen, Jakarta.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop IV Semarang Krisbiantoro, reaktivasi Stasiun Batang tersebut atas dasar usulan dan kajian serta kerjasama Pemerintah Kabupaten Batang. Sehingga, hal ini sebagai bentuk komitmen dan sinergitas BUMN dengan Pemda dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi.

 “Menindaklanjuti permohonan dari Pemkab Batang, dan tentu saja dari KAI menyambut baik. Kami akan merealisasikan Stasiun Batang menjadi stasiun pemberhentian KA kembali,” ujarnya kepada wartawan di kantornya, Jumat (1/3/2019).

Krisbiantoro menjelaskan, dalam sejarahnya, Stasiun Batang sudah cukup lama beroperasi sebagai tempat pemberhentian. Sekitar tahun 1999, saat era double track, berganti menjadi stasiun perlintasan saja (hanya untuk lewat).

Sampai saat ini, katanya, tahapan reaktivasi ini sudah clear karena telah melalui penelitian dan diskusi panjang. Sehingga, tanggal peresmiannya juga sudah ditentukan, yakni pada 15 Maret mendatang.

“Kemarin kami (KAI Daop IV) sowan ke Bupati Batang, sudah ditetapkan tanggal peresmiannya tanggal 15 Maret 2019. Itu merupakan launching perdana KA berhenti di Stasiun Batang,” imbuhnya.

Dikatakan Krisbiantoro, saat peresmian nanti, Bupati Batang beserta rombongan bakal menaiki kereta api dari stasiun Batang menuju ke Semarang. “Itu janji beliau,” ucapnya. (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini