350 Murid SMAN 1 Kaliwungu Ikuti Kemah Bela Bangsa, Begini Penampakannya

Murid SMA Negeri 1 Kaliwungu Kendal di make up dengan wajah di corat coret dan digembleng TNI untuk menjadi pribadi yang berkarakter serta memiliki rasa patriotisme tinggi.

SIGIJATENG.ID, Kendal – Layaknya TNI yang sedang melakukan latihan tugas khusus penyamaran, ratusan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kaliwungu Kendal di make up dengan wajah di corat coret dan digembleng TNI untuk menjadi pribadi yang berkarakter serta memiliki rasa patriotisme tinggi. 

Alhasil, wajah mereka pun nyaris tak bisa dikenali satu per satu, sebab semuanya hampir serupa begitu di make up dengan tinta cat warna hitam dan hijau saat mengikuti kegiatan apel kemah bela bangsa di halaman sekolah setempat. 

Kepala SMA Negeri 1 Kaliwungu, Nur Afif mengatakan pemberian cat di wajah siswa-siswi ini dilakukan untuk mendekatkan siswa dengan pendidikan militer agar memiliki jiwa pemberani dan bertanggungjawab. 

“Kemah bela negara ini bertujuan melatih agar siswa dan siswi nantinya memiliki karakter yang lebih baik dan mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi,” kata dia. 

Disampaikan, ada sekitar 350 siswa kelas sebelas yang diwajibkan ikut kegiatan ini. Tak hanya jiwa patriotisme yang tinggi, diharapkan dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan. 

Salah satu siswa peserta kemah bela bangsa, Fajrul Fallah mengaku senang dengan kegiatan latihan seperti ini, sebab bisa melatih kedisplinan dan mempunyai karakter. “Meski berat latihannya tapi senang juga bisa melatih displin dan tanggungjawab,” tuturnya. 

Sebelumnya, pembukaan kegiatan kemah bela bangsa ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan siswa kepada anggota Koramil 11 Kaliwungu untuk mengikuti pembinaan dan pendidikan.

Instruktur kemah bela bangsa, Peltu Purwadi mengatakan materi yang diberikan dalam kegiatan kemah bela bangsa itu, selain wawasan kebangsaan siswa juga dilatih kedisiplinan dan kemampuan untuk bekerjasama dengan temannya. 

“Tidak hanya materi gemblengan fisik saja, namun mental siswa juga dibina agar lebih memiliki jiwa yang lebih disiplin, religius dan mampu bertanggungjawab,” tandas anggota Kodim 0715 Kendal Koramil 11 Kaliwungu ini. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here