Wilayah Besar Jadi Perhatian Khusus, Ini Pola Pengamanan Pemilu 2024 yang Diterapkan Polres Kendal

Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi Kapolres, Dandim saat memimpin upacara Apel pergeseran personel pengamanan TPS di Alun-alun Kendal Selasa (13/2). Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Mulai H-1 pelaksanaan pemungutan suara, ratusan personel petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai digeser ke seluruh TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Kendal.

Polres Kendal menyiapkan 496 personel dibantu personel Polda Jawa Tengah sebanyak 96 orang dan 102 anggota TNI. Personel tersebut akan disebar di 3.491 TPS yang tersebar di 20 kecamatan.

Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan mengatakan untuk pengamanan, pola yang akan diterapkan yakni 2 polisi mengamankan sebanyak 16 lokasi TPS.

“Jadi pola yang akan kita terapkan di wilayah yang tidak rawan adalah 2-16 atau 2 personil dengan 16 TPS dibantu Linmas,” kata AKBP Feria usai apel pergeseran personel pengamanan TPS di Alun-alun Kendal Selasa (13/2).

AKBP Feria menyebut, untuk wilayah Kendal tidak ada kerawanan, namun wilayah yang jangkauan jauh dari Polres Kendal dan wilayah yang besar akan menjadi perhatian serta dibackup.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berjuang menyiapkan pemilu 2024 khususnya TNI – Polri yang secara professional dan netral memastikan pemilu menjadi sarana integrasi bangsa.

“Sesuai dengan amanat undang undang pemilu Nomor 7 tahun 2017, pemerintah daerah dengan pihak TNI – Polri wajib memfasilitasi kelancaran dan kesuksesan pemilu,” jelas Dico.

“Sukses pemilu bukan hanya mengacu kepada penyelenggaraan yang profesional saja, namun juga bersandar pada sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan dari seluruh pihak khususnya dalam hal pengamanan,” imbuhnya.

Menurutnya, deteksi dini dan cegah dini dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban sangat penting dilakukan. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini