Universitas Semarang – Universidade Dili Gelar Kuliah Umum Education Partnership dan Penandatanganan MoU serta IA

Universitas Semarang (USM) bersama dengan Universidade Dili (UNDIL) menggelar Kuliah Umum Education Partnership dan Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) serta Implementation Arrangement (IA), pada Rabu, 22 Mei 2024, di Ruang Telekonferensi Gedung Menara USM. ( foto humas usm)

SEMARANG (sigijateng.id) – Universitas Semarang (USM) bersama dengan Universidade Dili (UNDIL) menggelar Kuliah Umum Education Partnership dan Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) serta Implementation Arrangement (IA), pada Rabu, 22 Mei 2024, di Ruang Telekonferensi Gedung Menara USM.

Penandatanganan MoU serta IA tersebut dilakukan oleh Rektor USM, Dr Supari ST MT dan Rektor UNDIL, Prof Dr Jose Agostinho da Costa Belo Pereira, yang didampingi oleh Sekretaris USM, Dr Abdul Karim SE MSi Ak CA dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNDIL Dr Arif Abdullah Sagran MSi

Dalam sambutannya, Rektor USM, Dr Supari, mengungkapkan antusiasmenya terhadap peluang kerja sama antara USM dan UNDIL. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi dalam berbagai riset dan pendanaan internasional, dengan harapan bisa membentuk konsorsium yang melibatkan beberapa negara seperti Portugal, Australia, Brazil, Malaysia, dan Korea.

Rektor USM juga menyoroti manfaat besar dari kerja sama ini bagi mahasiswa dan dosen, termasuk peluang untuk riset bersama, publikasi bersama, dan partisipasi dalam konferensi internasional. Selain itu, ada juga rencana untuk program pertukaran pengajaran antara kedua universitas, yang melibatkan profesor dan pakar dari berbagai bidang untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga.

Dr Supari menambahkan, “Kami punya program studi paling muda, yaitu pariwisata. Barangkali apakah ada destinasi wisata yang akan dikembangkan, wisata kuliner, atau jenis wisata lainnya, mungkin bisa kita kembangkan bersama. Di samping bidang-bidang lain, ini bisa memberikan berkah kepada kita semua,” tambahnya.

Kemudian dalam wawancaranya, Rektor UNDIL, Prof Dr Jose Agostinho da Costa Belo Pereira, menyatakan bahwa kerja sama antara Universitas Semarang dan Universidade Dili merupakan kesempatan yang baik dan bersejarah.

“Pertama, penandatanganan kerja sama ini mempererat hubungan di bidang penelitian, pengabdian, publikasi bersama, serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Adapun Kuliah Umum pada acara penandatanganan ini adalah guna memberikan perspektif bagi mahasiswa dan dosen USM untuk memahami keadaan Timor Leste,” ucapnya.

Prof Jose berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut, “Kami telah mengunjungi Universitas Semarang dan berharap bahwa suatu saat Tim dari USM dapat berkunjung ke kampus kami juga untuk melihat langsung kekurangan dan kelebihan yang kami miliki,” ucapnya.

“Kita akan bersama-sama mengisi kekurangan tersebut dengan belajar dari pengalaman satu sama lain. Kita siap bersinergi Bersama untuk membangun masa depan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III USM, Dr. Muhammad Junaidi, SHI, MH, mengungkapkan kekagumannya terkait acara penandatanganan dan kuliah umum tersebut.

“Saya terkagum-kagum melihat saudara kita yang lama tidak bertemu, kini datang dengan wawasan baru dari Universidade Dili. Tentunya banyak pengalaman yang kita dapatkan dari kuliah umum yang disampaikan Prof Jose ini. Di USM, penandatanganan MoU selalu diikuti dengan tindak lanjut yang konkret,” ungkapnya.

Dr Junaidi menambahkan, “Ke depannya, kita akan mengadakan berbagai program kerja sama, baik melalui kunjungan langsung maupun melalui Zoom meeting. Universidade Dili merupakan salah satu universitas terbesar di Timor Leste dan memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan negara tersebut,” tambahnya.

Dia juga menyatakan bahwa kerja sama ini akan menyiapkan masa depan yang cerah bagi kedua universitas dan negara.

“Kita bersama-sama dengan Universidade Dili akan menjadikan kedua negara ini lebih maju dan berkembang demi kesejahteraan masyarakatnya,” tutup Dr Junaidi. Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Satuan Internasional Office USM, Faisal Yusuf BA MM MBA yang juga menekankan pentingnya berjejaring dengan banyak Universitas dalam membuka kesempatan kepada para akademisi dan mahasiswa untuk semakin bersinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan USM yang lebih baik dan berdaya saing dalam berbagai lini. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini