Tim PkM USM Beri Pendampingan Teknis Pemeliharaan Struktur IPAL Desa Leyangan

SEMARANG (sigijateng.id) Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Teknik Sipil Universitas Semarang memberikan pendampingan teknis pemeliharaan struktur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Desa Leyangan, Kabupaten Grobogan di Gedung Pertemuan Desa Leyangan dan beberapa rumah warga, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Bagus Acung Billahi, S.T., M.T., anggota Ir. Kukuh Wisnuaji Widiatmoko, S.T., M.T., dan Ir. Faizal Mahmud, S.T., M.T.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) adalah sebuah sarana untuk mengolah limbah cair contohnya dari limbah wc dan kamar mandi.

Ketua Tim PkM USM, Bagus Acung Billahi, S.T., M.T mengatakan, pelatihan tersebut merupakan pelatihan berbasis teknik yang dapat digunakan dalam pemeliharaan fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tersebut, sehingga pengolahan yang dihasilkan akan tetap optimal.

Menurutnya, PkM kali ini menyasar masyarakat yang berada di desa agar wawasan mengenai Struktur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) lebih meningkat.

”Kami memberikan materi kepada masyarakat berupa cara pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baik dan benar, komponen – komponen Struktur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), serta kelebihan dan kekurangan dari struktur tersebut,” katanya.

Kegiatan PKM mendapat respons positif dari warga dan Kepala Desa Leyangan, Jatmiko.

”Saya berterima kasih atas perhatian bapak/ibu dosen USM. Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujar Jatmiko. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini