Tiga Kali Nyaleg di Dapil Berbeda, Yudi Indras Wiendarto Kembali Lolos ke Gedung Berlian

Caleg Partai Gerindra Yudi Indras. ( foto dok pribadi)

SIGIJATENG.ID – Sejumlah calon legislative (caleg) Incumbent Dapil Jateng VII (Kota Solo, Sukoharjo dan Klaten)  berpotensi kembali masuk Gedung Derlian DPRD Jateng menyusul hasil positif yang diraih pada Pilge 2024, 14 Februari. Namun disisi lain, juga ada caleg incumbent yang kemungkinan besar terpental.

Incumbent yang berpotensi lolos antara lain Yudi Indras Wiendarto (Partai Gerindra), Joko Purnomo, Kadarwati, Sumarsono (PDIP), Anton Lami Suhadi (Golkar) dan Quatly Abdulkadir Alkatiri (PKS).

Sementara, petahana yang kemungkinan besar gagal lolos antara lain Stephanus Sukirno (PDIP), Sri Marnyuni (PAN), M Chamim Irfani (PKB).

Dari caleg incumbent yang lolos dan menarik perhatian adalah Yudi Indras Wiendarto (Partai Gerindra). Pasalnya, Yudi ini adalah pendatang baru di Dapil VII, pada Pileg 2019 Yudi maju dari Dapil Jateng 1 (Kota Semarang).

Yudi berpelung lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Dapil VII karena dia berhasil memperoleh 41,797 suara dari tiga wilayah di Jawa Tengah, yakni Solo, Sukoharjo dan Klaten.

“Tentunya, saya sangat bersyukur dipercaya masyarakat untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat di tingkat DPRD Provinsi Jateng,” terang Yudi saat berbincang dengan wartawan, belum lama ini.

Dalam catatan Sigijateng.id. Yudi sudah dua periode menjadi anggota DPRD Jateng, yaitu periode 2014 dan 2019. Pada tahun 2024 ini adalah periode ketiga bagi politisi kelahiran Semarang, 18 Agustus 1973 ini menjadi anggota DPRD Jateng. Uniknya, menjadi anggota DPRD Jateng Yudi berangkat dari Dapil yang selalu berbeda.

Saat 2014 lalu Yudi maju dari Dapil X Jateng meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga.

Kemudian pada tahun 2019 dari dapil 1 Kota Semarang. Dan terakhir, di tahun 2024 ini dari Dapil VII Jateng, meliputi Solo, Klaten dan Sukoharjo.

“Ini keberhasilan ketiga,” kata politisi yang dikenal tangguh tersebut.

Bukan tanpa alasan, dirinya berhasil meraih simpati masyarakat di Pemilu 2024. Apalagi, banyak calon incumben yang rontok di pemilu tahun ini.

“Masyarakat itu ingin diperhatikan. Maka dari itu, pendekatan yg tepat kepada masyarakat disetiap kab/kota masing masing dan juga punya team pemenangan yg juga bisa melakukan pendekatan yg tepat kepada masyarakat ,tentu menjadi sebuah keharusan, Caleg harus terjun ke dapil masing-masing. Pelajari kondisi dan kebiasaan masyarakat disetiap daerah dan berusaha membaur dgn masyarakat, sapa langsung masyarakat,” tegasnya.

Disinggung mengenai strategi pemenangan di wilayah Dapil VII yang kebetulan cukup kompetitif persaingannya karna banyak tokoh tokoh dari daerah, maupun dari pusat yg berkompetisi di dapil tersebut, Yudi mengaku, dirinya tetap semangat ketika mendengar istilah bahwa itu adalah Dapil yang cukup berat Dirinya justru tertantang diterjunkan di dapil yang dipemilu sebelumnya banyak dimenangkan oleh PDIP.

Informasi yang dihimpun, berikut sejumlah Caleg yang berpotensi lolos ke Gedung Berlian DPRD Provinsi Jateng Periode 2024-2029:

PDIP (4 kursi)

1. Joko Purnomo: 122.210 suara

2. Kadarwati: 54.026 suara

3. Hartanto: 46.618 suara

4. Sumarsono: 43.252 suara

Gerindra (2 kursi)

5. Yudi Indras W: 41.797 suara

6. P Bayu Kusuma: 40.598 suara

PKS (1 kursi)

7. Quatly Abdulkadir Alkatiri: 83.681 suara

Golkar (1 kursi)

8. Anton Lami Suhadi: 60.584 suara

PKB (1 kursi)

9. Aminudin Latif: 36.574 suara

PSI (1 kursi)

10. Antonius Yogo Prabowo: 28.445 suara

Dengan hasil ini, PSI berhasil meraih satu kursi dan menyingkirkan PAN yang tidak mendapatkan kursi. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini