SEG Solar Bakal Bangun Pabrik PV Terbesar Se-Asia Tenggara di Grand Batang City, Segini Nilai Investasinya

Penandatanganan Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri (PPTI) antara SEG Solar dengan PT Kawasan Industri Terpadu Batang (Grand Batang City). Foto: Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Tanamkan investasi senilai lebih dari $500 juta USD, SEG Solar (SEG), produsen photovoltaic (PV) perusahaan terkemuka asal Amerika Serikat, bakal membangun pabrik baru di PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT) atau Grand Batang City.

Hal tersebut dilakukan setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri (PPTI) untuk lahan seluas 40 hektar belum lama ini. Penandatangan PPTI oleh Jun Zhuge, pendiri dan COO SEG, serta Ngurah Wirawan, Direktur Utama Grand Batang City.

“Pabrik SEG di Grand Batang City akan menjadi salah satu fasilitas manufaktur PV terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 5GW untuk sel surya dan 5GW untuk modul,” kata Ngurah Wirawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (15/5),

Ngurah menyebut serapan tenaga kerja dari proyek raksasa itu diperkirakan lebih dari 3.000 lapangan kerja. Dampaknya tentu bisa mendorong ekonomi lokal dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja di bidang teknologi PV.

Ngurah menyebut Keberadaan SEG merupakan bukti nyata daya tarik Grand Batang City sebagai tujuan investasi utama bagi industri manufaktur PV.

Pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada SEG Solar dalam membangun pabrik mereka dan membantu mereka mencapai kesuksesan di Indonesia.

“Tata letak terintegrasi di seluruh rantai industri sangat penting bagi SEG untuk mematuhi standar rantai pasokan yang sesuai dengan hukum,” tuturnya.

Sementara itu, pendiri dan COO SEG, Jun Zhuge mengatakan melalui koordinasi hulu dan hilir, SEG memastikan penyediaan produk hijau yang bersih dan dapat dilacak untuk pasar di Amerika Serikat, Eropa, dan Indonesia.

“Dengan demikian memfasilitasi transisi global menuju energi hijau rendah karbon,” kata Jun Zhuge.

“Pembangunan pabrik SEG Solar di Grand Batang City akan dimulai pada tahun 2024 dan selesai pada kuartal kedua tahun 2025,” sambungnya.

Sebagai informasi, SEG Grand Batang City akan menjadi pusat manufaktur energi terbarukan terbesar di Asia Tenggara.

Hal itu untuk memperkuat komitmen terhadap energi terbarukan dan transisis menuju masa depan energi berkelanjutan, dan mendorong lokalisasi produksi dan meningkatkan efisiensi. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini