Rapat Paripurna DPRD Kendal, Fraksi PKB Soroti Silpa dan Program Prioritas Pembangunan

Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin (20/5/2024). Foto: Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) menyoroti terkait Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dan program-program prioritas pembangunan Kabupaten Kendal.

Hal itu diungkapkan Ketua FKB DPRD Kendal, Mahfud Sodiq usai Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, PKB menyoroti laporan pertanggungjawaban Bupati Kendal terkait adanya SiLPA pada Nota Keuangan yang disampaikan pada rapat Paripurna yang lalu.

“Meski dari sisi pendapatan lebih dari 100 persen, namun ada penurunan pendapatan dari target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” kata Mahfud kepada wartawan.

“Jadi yang menjadi catatan kami, pendapatan di periodenya Pak Dico dan Pak Basuki ini, diturunkan pendapatannya dari RPJMD. Atau artinya turun dari target RPJMD,” imbuhnya.

Taj hanya itu, Mahfud Sodiq melanjutkan pihaknya juga menyoroti terkait dengan program-program prioritas yang sudah dilaksanakan, namun dampaknya belum sepenuhnya dirasakan masyarakat.

“Yang menjadi titik poin pandangan kami adalah terkait penanganan rob dan banjir yang sampai saat ini belum selesai dan itu menjadi catatan fraksi kami. Selain itu juga ada beberapa program prioritas lain. Diantaranya masalah kesehatan dan pelaksanaan standar UHC (universal health coverage) yang sampai saat ini prosentasenya belum tercapai,” ungkap dia.

Diketahui, dalam Rapat Paripurna sendiri dipimpin Wakil Ketua DPRD Kendal, Akhmat Suyuti, dan dihadiri Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun serta Wakil Ketua lainnya, beserta 26 Anggota DPRD Kendal.

Sementara dari eksekutif, hadir Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda dan Kepala OPD terkait.

Sebelumnya, Akhmat Suyuti mengatakan, penyampaian Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 telah disampaikan Bupati Kendal pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan Rabu (15/5/2024) lalu.

“Yang selanjutnya dilaksanakan rapat internal fraksi, membahas Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023. Untuk itu kepada perwakilan fraksi-fraksi, dipersilakan menyampaikan pemandangan umumnya,” kata dia. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini