Pupuk Kepekaan kepada Sesama, Santri Pesantren Duta Aswaja Bagikan Takjil

Santri Pesantren Duta Aswaja Bagikan Takjil saat membagikan takjil kepada masyarakat, Ahada (23/3/3034). ( foto dok ponpes duta aswaja)

KUDUS (sigijateng.id) –  Pesantren Duta Aswaja Kudus melatih santri untuk berbagi kepada sesama dengan memberikan ratusan takjil kepada masyarakat, Ahad (24/3). Kegiatan rutin tahunan bagi-bagi ratusan takjil tersebut diikuti perwakilan para santri.

Kegiatan tersebut terbagi di dua lokasi, yakni di Perempatan Panjang untuk santri putra dan di Perempatan Jember untuk santri putri.

Ustadzah Novia, selaku Kepala Pondok Putri mengapresiasi kegiatan bagi-bagi takjil tersebut.

“Saya selaku kepala pondok putri patut bersyukur dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para santri tersebut, sebagai upaya kami dalam mendidik dan melatih para santri untuk memiliki rasa kepekaan kepada sesama dengan memberikan atau membagikan harta yang kita miliki kepada sesama, walaupun tidak banyak. Terpenting sudah berusaha bersedekah kepada sesama, ” jelas Ustadzah asal Pontianak, Kalimantan tersebut.

Santri Pesantren Duta Aswaja Bagikan Takjil saat membagikan takjil kepada masyarakat, Ahada (23/3/3034). ( foto dok ponpes duta aswaja)

Sementara itu, Wakil Pengasuh, Gus Ilham Zidal Haq, menyampaikan kegiatan tersebut selain mensyukuri nikmat, juga sebagai melatih santri peduli kepada sekitar.

“Kegiatan bagi-bagi takjil, bagi kami tidak hanya mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan, tetapi sebagai ajang melatih dan mendidik santri untuk peduli, peka kepada masyakarat sekitar,” ujar Alumni Pesantren Tebuireng Jombang.

Gus Ilham menambahkan pesantren tidak hanya hanya mendidik dan membekali santri-santri Ilmu pengetahuan, tetapi Pesantren mengajarkan dan mendidik para santri Ilmu akhlak, sopan-santun, tata krama hingga kepekaan kepada sesama. “Dari kegiatan ini diharapkan bisa memupuk kepekaan santri kepada sesama,” kata dia.

Nizam Kevin, salah satu Pengurus Santri Pondok Putra Pesantren Duta Aswaja Kudus menyampaikan rasa bangga atas didikan yang diberikan akan pentingnya berbagi kepada sesama

“Alhamdulillah, kami sebagai santri Duta Aswaja merasa bangga jika kami diajari dari abah yai dan dewan asatidz akan pentingnya berbagi kepada sesama dan masyarakat,” ujar santri kelas 8 SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus asal Batam, Riau tersebut. (m alvin jauhari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini