Polres Demak  Gelar Operasi Ketupat Candi 2024 Amankan Mudik Lebaran, Terjunkan 450 Personel

Apel Gelar Operasi Ketupat Candi 2024 Polres Demak, Kamis (4/4/2024) menandai siap amankan mudik lebaran 2024. ( foto demakkab.go.id)

DEMAK (sigijateng.id) – Menyambut Lebaran Idul Fitri 1445 H, Polres Demak bersama TNI dan instansi terkait menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2024, Kamis, 4 April 2024  di Lapangan Wicaksana Laghawa Polres Demak.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2024 dipimpin langsung oleh Bupati Demak, Eisti’anah, dan dihadiri oleh Dandim 0716/Demak Letkol Kavaleri Maryoto, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya, Forkopimda Kabupaten Demak, serta pejabat utama Polres Demak. 

Operasi Ketupat Candi (OKC) 2024 ini diselenggarakan sebagai bentuk kesiapan Polres Demak dalam mengamankan arus mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri di Kabupaten Demak. Operasi ini dijadwalkan berlangsung selama 13 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Bupati Demak, Eisti’anah, menekankan pentingnya sinergitas dan kerjasama antara Polri dengan berbagai stakeholder dalam menghadapi tantangan keamanan selama Ramadan dan Lebaran, terutama mengantisipasi lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai 1,76 juta orang. 

Eisti’anah juga mengingatkan tentang kondisi Jalur Pantura Demak yang rawan banjir dan rob, serta beberapa bagian jalan yang sempat terputus akibat jebolnya tanggul sungai.

Bupati Eisti’anah menginstruksikan kepada petugas gabungan OKC untuk fokus pada penanganan kepadatan arus lalu lintas dan memastikan keselamatan serta kenyamanan pemudik. 

“Ajak pemudik untuk memanfaatkan jalan tol dan pos lebaran untuk beristirahat. Berikan pelayanan terbaik bagi pemudik agar mereka merasa aman dan nyaman selama di perjalanan”, kata Eisti.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya, menambahkan bahwa telah disiapkan tiga pos terpadu dan satu pos sinergitas TNI-Polri untuk mendukung operasi ini. 

“Dengan melibatkan 450 personel gabungan dari berbagai instansi, OKC 2024 tidak hanya fokus pada pengaturan lalu lintas, tetapi juga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara keseluruhan di Kabupaten Demak”, kata Purbaya.

Dalam Operasi Ketupat Candi 2024, Polres Demak menerjunkan 342 personel pengamanan. “Kita perkuat sinergi, kolaborasi dan komunikasi untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi para pemudik,” pungkasnya. Kegiatan OKC ini menandakan kesiapan Polres Demak dan seluruh elemen terkait dalam menghadapi salah satu momen terpenting tahunan di Indonesia, yakni mudik Lebaran, dengan harapan dapat berlangsung aman dan lancar.  (rizal)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini